Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas Vlll SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas Vlll SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas Vlll SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengarang : Nur Atikah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model concept sentence dan media kartu bergambar pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I siswa masih kurang paham tentang materi yang diberikan, siswa kesulitan memahami model dan media pembelajaran, dan guru belum menguasai model dan media yang ada. Sehingga berpengaruh terhadap nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Maka perlu dilanjutkan ke siklus II untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model pembelajaran concept sentence dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan 4 penilaian yaitu, antusias siswa, keaktifan siswa, konsentrasi siswa dan situasi pembelajaran ketuntasan aktivitas siswa 72,24% pada siklus I, dan meningkat menjadi 73,81% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 51,42% dan meningkat menjadi 97,14% pada siklus II. Berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran teks eksposisi menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan media kartu bergambar siswa telah menguasai pembelajaran menulis teks eksposisi dengan baik selain itu siswa menjadi lebih kreatif merangkai kata-kata dalam teks eksposisi dengan bahasanya sendiri.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi