
Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Palas Tengah
Pengarang : Rahdika Sygra Fantri Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian iniabertujuan untuk mengetahui apakahaada hubungan atau tidak ada hubungan yang positifadan signifikan antara penguasaanakosakata dengan keterampilan menulisaparagraf deskripsi siswa kelas X SMAN 1 Tanjung Palas Tengah. Penelitian iniamenggunakan pendekatan kuantitatif dan digolongkan sebagai penelitian korelasi yaitu mencari hubungan antara dua variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment. Uji persyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis dan uji prsyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS version 24. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji korelasi product moment rhitung = 0. 973 yang menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki hubungan atau positif. Hasil yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan rtabel jumlah N = 83 adalah 0.213 hal ini membuktikan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu (0.973 < 0.213) dari hasil tersebutadapat disimpulkan bahwaaHa diterima danaHo ditolak. Yaitu terdapatahubungan yang potisif dan signifikan antara penguasaanikosakata dengan keterampilanimenulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMAN 1 Tanjung Palas Tengah.
The purpose of this study was to see whether there was a positive and significant association between vocabulary mastery and descriptive paragraph writing skill of class X students SMAN 1 Tanjung Palas Tengah. This study was characterized as a correlation study since it employed a quantitative approach to find a link between two variables. In this investigation, a saturation sampling strategy was utilized to collect data. A test was utilized to collect data in this investigation. The Pearson product moment correlation was used as an analysis approach in this study. The normality and linearity tests were the analysis requirement tests. The SPSS version 24 software was used in this study for the analysis approach and the analytical prerequisite test. According to the findings of the Pearson product moment correlation test, r count =0.973, which showed that the link between the two variables had correlation or positive. The results were then compared to the r table; the number of N=83 was 0.213, indicating that r count was more than the r table (0.973 0,213). Based on these findings, a Ha was approved and Ho was rejected. There was a positive and significant correlation between vocabulary mastery and descriptive paragraph writing skill of class X students SMAN 1 Tanjung Palas Tengah.