Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Gambar Diorama Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Gambar Diorama Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Gambar Diorama Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Khadijah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar diorama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kelas (PK), yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar diorama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Tarakan. Menulis memberi tujuan sebagai informasi kepada pembaca agar meyakinkan para pembaca akan kebenaran, sebagai pemecah masalah seperti menjelaskan, menjernihkan, menjelajahi, meneliti secara cermat pikiran-pikiran, dan gagasan agar dapat dimengerti oleh pembaca. Dalam proses pembelajaran, media berfungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Fungsi media dalam proses pembelajaran yaitu menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan perantara gambar, film, video atau media yang lain agar siswa mendapat gambaran yang nyata tentang benda/peristiwa sejarah. Diorama adalah suatu kotak yang didalamnya berisi dengan tiruan pemandangan atau suatu benda yang lengkap dengan suatu yang berada disekitarnya. Kesemuanya dibuat lebih kecil daripada keadaan aslinya. Diorama biasanya digunakan dalam menggambarkan kejadian dan atau suatu proses supaya yang melihatnya tertarik untuk memahami isi tersebut. Media ini biasa digunakan dalam museum sejarah atau binatang langkah. Hasil peniliti menunjukkan bahwa rata-rata siswa cukup mampu dalam menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar diorama. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan yang dikatakan tuntas apabila mencapai aspek >63 dan mendapatkan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi terdapat 9 siswa yang mendapatkan rentang nilai 80-100 dengan presentasi 31%, 4 siswa mendapatkan rentang nilai 66-79 dengan presentasi 13.7%, 6 siswa mendapatkan rentang nilai 56-65 dengan presentasi 20.6% , 9 siswa yang mendapatkan rentang nilai 40-55 dengan presentasi 31%, dan 1 siswa yang mendapatkan rentang nilai 30-39 dengan presentasi 3.4%. Dari hasil yang diperoleh dari penerapan tersebut, metode pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar diorama dapat menjadi masukan kepada guru untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan ketuntasan yang didapatkan.

The perpose of this study was to look at the students’ ability to write explanatory text using diorama image media in class VIII of SMP Negeri 7 Tarakan in 2018-2019. This was a class research which guided the researcher to determine the ability of students to write explanatory texts using diorama image media. The subjects of this study were students of class VIII-7 Negeri 7 Tarakan. Writing aims to provide information to readers in order to convince readers of the truth, to solve problems such as explaining, clarifying, exploring, scrutinizing thoughts and ideas so that they can be understood by the readers. In the learning process, the media functions as a carrier of information from the soursce (theacher) to the recipient (students). The function of the media in the learning process is to witness existing objects or events that occurred in the past. Through images, films, videos or other media students get a real picture of objects or historical events. A diorama is a box that contains a mock scene or an object equipped with something around it. Everything is made smaller than the original state. Dioramas are usually used in describing events or processes so that viewers are interested in understanding the contects. This media is commonly used in the history museum or rare animals. The results showed that the studendts were able to write explanatory texts using diorama image media. This can be seen from the score of learning achievement which was more than 63 and get 100% completeness. Based on the results of students’ ability to write explanatory texts, there were 9 students (31%) who scored 80-100, 4 students (13.7%) scored 66-79, students (20.6%) scored 5665, 9 students (31%) scored 40-55, and 1 student (3.4%) scored 30-39. From the results obtained it is suggested that the learning method of writing explanatory texts using diorama image media can be input to the teacher for use in learning. This can be proven by the completeness obtained.

Detail Informasi