Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Di RT. 03 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Di RT. 03 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat

Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Di RT. 03 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat

Pengarang : Nur Fajriah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan simulasi terhadap pemahaman pendidikan seks di RT.03 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat. Permainan simulasi adalah permainan yang dimaksudkan untuk merefleksikan situasi- situasi yang terdapat dalam kehidupan yang sebenarnya akan tetapi dapat dimodifikasi dan dibuat lebih sederhana, dapat diambil sebagian atau dikeluarkan dari konteksnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan 15 sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan skala pemahaman pendidikan seks yang diberikan sebelum dan setelah pemberian treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknik permainan simulasi terhadap pemahaman pendidikan seks. Hal ini dibuktikan dengan data hasil perhitungan uji Wilcoxon yang dikelola menggunakan SPSS 22.0 for windows diperoleh asym sig sebesar 0,001 dengan taraf signifikan (?) sebesar 5% (0,05), sehingga dapat diartikan asymp sig < ? atau 0,001 < 0,05. Maka dari itu hipotesis diajukan Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain bahwa terdapat perubahan tingkat pemahaman pendidikan seks anak setelah diberikan teknik permainan simulasi, maka dapat disimpulkan bahwa teknik permainan simulasi berpengaruh terhadap pemahaman pendidikan seks di RT.03 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat.

Kata Kunci: Teknik Permainan Simulasi, Pendidikan Seks

This research aims to find out the influence of simulation game techniques on the understanding of sex education in RT.03 Karang Harapan Village of West Tarakan Subdistrict. Simulation games are games that are intended to reflect on situations that exist in actual life but can be modified and made simpler, can be taken in part or taken out of context. This research is a pre-experimental design experiment in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The study used 15 research samples. The data collection method uses a scale of understanding of sex education given before and after the provision of treatment in the form of group guidance with simulation game techniques. Data analysis used is descriptive statistical analysis and Wilcoxon test. The results showed that there is an influence of simulation game techniques on the understanding of sex education. This is evidenced by the results of wilcoxon test calculations managed using SPSS 22.0 for windows obtained asym sig of 0.001 with a significant level (?) of 5% (0.05), so it can be interpreted asymp sig < ? or 0.001 < 0.05. Therefore the hypothesis proposed by Ha is acceptable and H0 is rejected. In other words, there is a change in the level of understanding of child sex education after being given simulation game techniques, it can be concluded that simulation game techniques affect the understanding of sex education in RT.03 Karang Harapan Village of West Tarakan Subdistrict. Keywords: Simulation Game Techniques, Sex Education

Detail Informasi