Analisis Keuntungan Dan Nilai Tambah Produk Olahan Kopi UMKM Mack Atoen Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Keuntungan Dan Nilai Tambah Produk Olahan Kopi UMKM Mack Atoen Di Kota Tarakan

Analisis Keuntungan Dan Nilai Tambah Produk Olahan Kopi UMKM Mack Atoen Di Kota Tarakan

Pengarang : Rica Fitriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait dengan keuntungan dan nilai tambah produk olahan kopi di UMKM Mack Atoen di Kota Tarakan. Pertama berapakah keuntungan produk olahan kopi di UMKM Mack Atoen Kota Tarakan ? Kedua berapa besar nilai tambah produk olahan kopi di UMKM Mack Atoen Kota Tarakan ?. Dengan latar belakang ingin melihat keuntungan dan nilai tambah produk kopi dengan bahan rempah-rempah khas Tidung. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan penentuan sampel adalah UMKM Mack Atoen dan informan kunci berdasarkan pertimbangan adalah pemilik usaha UMKM Mack Atoen salah satu UMKM yang mengolah kopi khas Tidung Kalimantan Utara. Adapun analisis data yaitu analisis biaya (biaya tetap, biaya variabel, penerimaan dan keuntungan) dan analisis nilai tambah M, Dawan Rahardjo meliputi (nilai produk akhir, nilai bahan baku, jumlah bahan baku, biaya penolong, biaya penyusutan, biaya antara, nilai tambah bruto, nilai tambah netto dan nilai tambah per bahan baku) dengan menetapkan semua perhitungan adalah satu kali produksi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa total penerimaan dua produk Kupi Babok dan Kupi Jantan sebesar Rp 6.000.000 per produksi. Nilai tambah yang dimiliki UMKM Mack Atoen ini memiliki keuntungan dalam masa pandemi covid-19 yang dapat dilihat dari nilai tambah bruto, netto dan per bahan bakunya. Pertama untuk Kupi Babok memiliki keuntungan sebesar Rp. 1.021.000, Kupi Jantan sebesar Rp. 2.718.000. Kedua nilai tambah bruto Kupi Babok sebesar Rp. 1.105.000 , nilai tambah netto Rp. 1.093.768 dan nilai tambah per bahan baku Rp. 110.500. Ketiga nilai tambah bruto Kupi Jantan Rp. 2.802.000, nilai tambah netto Rp. 2.790.768 dan nilai tambah per bahan baku Rp. 280.200. Penggunaan biaya eksplisit produk Kupi Babok dan Kupi Jantan mulai dari biaya bahan baku, biaya gaji karyawan, biaya pembelian perlengkapan dan peralatan dari produsen itu sendiri. Penggunaan tenaga kerja dari luar bukan dari kalangan keluarga.
Kata Kunci: Nilai Tambah, Keuntungan, Produk Kopi, UMKM

This study intends to answer two questions related to the advantages and added value of processed coffee products at Mack Atoen SMEs in Tarakan City. First, what are the benefits of processed coffee products at Mack Atoen SMEs, Tarakan City? Second, how much is the added value of processed coffee products at Mack Atoen SMEs, Tarakan City?. With the background of wanting to see the advantages and added value of coffee products made from Tidung's special spices. The method of determining the sample using purposive sampling with the determination of the sample is MSME Mack Atoen and the key informant based on consideration is the business owner of MSME Mack Atoen, one of the MSMEs that processes Tidung coffee, North Kalimantan. The data analysis is cost analysis (fixed costs, variable costs, revenues and profits) and value added analysis M, Dawan Rahardjo includes (final product value, raw material value, amount of raw materials, auxiliary costs, depreciation costs, intermediate costs, added value). Gross, net value added and value added per raw material) by stipulating that all calculations are one-time production. The results of this study explain that the total revenue for the two Kupi Babok and Kupi Jantan products is Rp. 6,000,000 per production. The added value owned by Mack Atoen SMEs has an advantage during the COVID-19 pandemic which can be seen from the gross, net and per raw material added value. First for Kupi Babok has a profit of Rp. 1.021.000, Kupi Jantan Rp. 2,718,000. Both the gross added value of Kupi Babok is Rp. 1,105,000, net value added Rp. 1,093,768 and the added value per raw material is Rp. 110,500. The three gross added value of Kupi Jantan Rp. 2,802,000, net value added Rp. 2,790,768 and the added value per raw material is Rp. 280,200. The use of explicit costs for Kupi Babok and Kupi Jantan products starts from the cost of raw materials, the cost of employee salaries, the cost of purchasing equipment and equipment from the manufacturer itself. Employment of labor from outside not from the family. Keywords: Added Value, Profit, Coffe Products, MSME

Detail Informasi