Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Iklan Produk Minuman melalui Televisi Nasional | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Iklan Produk Minuman melalui Televisi Nasional

Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Iklan Produk Minuman melalui Televisi Nasional

Pengarang : Mustika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa Indonesia dalam iklan produk minuman melalui televisi nasional pada bidang pelafalan yang mencakup penambahan fonem di akhir kata (paragog), pelesapan fonem di awal kata (aferesis), pelesapan fonem di tengah kata (sinkop), pelesapan fonem di akhir kata (apokop) dan bunyi berbeda dijadikan sama (asimilasi). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata yang diujarkan oleh bintang iklan produk minuman yang ada di televisi nasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat dua puluh dua iklan produk minuman yang terdapat kesalahan dan tujuh puluh data yang terdapat kesalahan dalam pelafalan. Kesalahan berbahasa dalam bidang pelafalan yang terbagi atas, tujuh belas data yang mengalami penambahan fonem di akhir kata yaitu penambahan fonem konsonan /h/. Tiga puluh empat data yang mengalami pelesapan fonem di awal kata yaitu pelesapan fonem vokal /a/, vokal /i/, vokal /?/, pelesapan fonem konsonan /h/, konsonan /s/, konsonan /b/, konsonan /t/, konsonan /m/, konsonan /p/, dan konsonan /r/. Lima data yang mengalami pelesapan di tengah kata yaitu pelesapan fonem vokal /a/, /?/ dan konsonan /h/. Satu data yang mengalami pelesapan fonem di akhir kata yaitu pelesapan fonem /h/, serta tiga belas data yang mengalami perubahan bunyi berbeda dijadikan sama yaitu perubahan bunyi fonem vokal /a/ menjadi /?/ dan fonem vokal /?/ menjadi /?/. Penyebab bunyi tersebut terjadi akibat dari perkembangan sejarah serta pengaruh lingkungan sosial.

This study aimed at determining the Indonesian language errors in beverage product advertisements through national television in terms of pronunciation which included adding phoneme at the end of a word (paragoge), omitting phoneme at the beginning of a word (apheresis), omitting phoneme in the middle of a word (syncope), omitting phoneme at the end of a word (apocope), and a sound becomes similar or identical to a neighboring sound (assimilation). This study employed a descriptive qualitative research where the data were in the form of words uttered by the advertisement stars of the beverage products in national television. The techniques used in this study were recording, listening, and note-taking. Based on the results and discussion, there were twenty-two beverage product advertisements in which there were seventy data containing errors in pronunciation. They were divided into seventeen data which got the addition of a phoneme at the end of the words, namely the addition of consonant phoneme /h/. Thirty-four data experienced the omission of phonemes at the beginning of words, namely vowel /a/, vowel /i/, vowel /?/, consonant /h/, consonant /s/, consonant /b/, consonant/t/, consonant /m/, consonant /p/, and consonant /r/. Five data obtained the omission of phonemes in the middle of the word, namely vowel /a/, vowel /al, and consonant /h/. One data gained the omission of a phoneme at the end of a word, namely consonant /h/. Thirteen data had the sounds became similar or identical to the neighboring sounds, namely the change in the sounds of the vowel phoneme /a/ into /?/ and the vowel phoneme /?/ into /?/. The cause of the sounds occurred as a result of historical development and the influence of the social environment.

Detail Informasi