The Effect of Using Numbered Heads Together on Reading Comprehension of Second Grade Students of SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effect of Using Numbered Heads Together on Reading Comprehension of Second Grade Students of SMP Negeri 1 Tarakan

The Effect of Using Numbered Heads Together on Reading Comprehension of Second Grade Students of SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Muhammad Yusuf Irfan Dana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Numbered Heads Together efektif dalam pengajaran pemahaman membaca di teks recount pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Delapan di SMP Negeri 1 Tarakan. Jumlah populasi dari penelitian ini adalah 352 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII2 yang terdiri dari 32 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment dan post-test. Pada tahap pre-test, siswa diminta untuk menjawab test yang telah diberikan. Setelah pre-test, peneliti memberikan treatment. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Numbered Heads Together. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menjawab test yang telah diberikan pada tahap post-test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai ratarata antara pre-test dan post-test. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dalam pre-test adalah 53.38 dan hasil post-test adalah 77.06. Ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 23.68. Dari hasil perhitungan menggunakan paired samples T-test dapat diketahui bahwa nilai sig.2 tailed lebih kecil dibandingkan level of significant (0.000 < 0.05). Itu mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Numbered Heads Together dalam pengajaran pemahaman membaca. Paired samples T-test telah dianalisis menggunakan SPSS version 22.0. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Numbered Heads Together memberikan efek dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Tarakan.

This study aimed to determine whether the use of Numbered Heads Together (NHT) was effective in teaching reading comprehension on recount text to the eight graders at the SMP Negeri 1 Tarakan. This study use pre-experimental design. The population of this study were all the eight grade students at the school. The total population was 352 students and the sample was the class VIII2 which consisted of 32 students. The sample were taken by using purposive sampling technique. The stages in this research were pre-test, treatment and post test. At the pre-test stage, student were asked to answer the given test. After the pre-test, the researcher gave treatments. The experimental class was taught using NHT. After being given the treatment, the students were asked to answer the test given at the post-test stage. The result of the study showed that there was a difference in the mean score between the pre-test(M = 53.38) and the post-test (M = 77.06), with an increase by 23.68. The result of paired samples t-test showed that the p-value was smaller that the level of significant (0.000 < 0.05), indicating that the alternative hypothesis (Ha) was accepted and the null hypothesis (H0) was rejected. Thus, there was a significant effect of using NHT in teaching reading comprehension on recount texts to the eighth grader students at the SMP Negeri 1 Tarakan

Detail Informasi