
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Permintaan pada Rumah Makan Pondok Mahakam Indah Tarakan
Pengarang : Gona Mariana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Terdapat empat tujuan dalam penelitian ini, adalah yang pertama untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk terhadap permintaan, yang kedua untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap permintaan, yang ketiga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap permintaan dan yang keempat untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tempat terhadap permintaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pada Rumah Makan Pondok Mahakam Indah Tarakan. Penelitian populasi dengan mengambil jumlah sampel sebanyak 60. Dengan teknik pengumpulan data variabel menggunakan metode angket (kuisioner). Data yang diperoleh dianalisis dengan beberapa pengujian melalui program spss. Berdasarkan data yang didapat dari penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa, koefisien regresi untuk variabel produk adalah sebesar 1.805, koefisien regresi untuk variabel harga adalah sebesar 1.622, koefisien regresi untuk variabel promosi adalah sebesar 0.136 dan koefisien regresi untuk variabel tempat adalah sebesar – 0.078. Dengan demikian dapat diketahui bahwa, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap permintaan adalah variabel produk dengan nilai koefisien regresi 1.805. Setelah melalui perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dan uji t diketahui bahwa untuk variabel produk berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan, sehingga hipotesis yang diajukan ” diduga bahwa produk berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan” diterima. Untuk variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan, sehingga hipotesis yang diajukan ” diduga bahwa harga berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan” diterima. Untuk variabel promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap permintaan, sehingga hipotesis yang diajukan ”diduga bahwa promosi berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan” ditolak. Untuk variabel tempat berpengaruh tidak signifikan terhadap permintaan, sehingga hipotesis yang diajukan ”diduga bahwa tempat berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan” ditolak. Dengan demikian dari keempat hipotesis terdapat hipotesis yang diterima dan hipotesis yang ditolak.
There are four target of in this research, first for know how big influence of product to request, second to know how big influence of price to request, third to know how big influence of promotion to request and fourthly to know how big influence of place to request. Method which used in this research is quantitative descriptive. Population of this research is consumer from Pondok Mahakam Indah Tarakan Restaurant. Research of population by taking the amount of sampel counted 60. With technique data collecting of variable use enquette method (kuisioner). obtained to be data to be analysed with a few examination through program of SPSS. Pursuant to got data of research, can know that, coefficient of regresi for the variable of product [is] equal to 1.805, coefficient of regresi for the variable of price is equal to 1.622, coefficient of regresi for the variable of promotion is equal to 0.136 and coefficient of regresi for the variable of place is equal to - 0.078. Thereby can know that, most dominant variable have an effect on to request is product variable with coefficient value of regresi 1.805. After passing calculation by using formula of regresi doubled linear and test of t known that for the variable of product have an effect on by signifikan to request, so that raised hypothesis " to be anticipated that product have an effect on by signifikan to request" accepted. For the variable of price have an effect on by signifikan to request, so that raised hypothesis " to be anticipated that price have an effect on by signifikan to request" accepted. For the variable of promotion have an effect on do not signifikan to request , so that raised hypothesis " to be anticipated that promotion have an effect on by signifikan to request" refused. For the variable of place have an effect on do not signifikan to request, so that raised hypothesis " to be anticipated that place have an effect on by signifikan to request" refused. Thereby from is fourth of raised hypothesis there are accepted hypothesis and refused hypothesis.