Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Rumah Makan Arief Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Rumah Makan Arief Kota Tarakan

Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Rumah Makan Arief Kota Tarakan

Pengarang : Haryono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Promosi yang dilakukan perusahaan dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, membujuk serta mendorong konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap barang atau jasa yang di pasarkan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian dilakukan pada Rumah Makan Arief di kota tarakan, khususnya menyangkut masalah biaya promosi yang berpengaruh terhadap volume penjualan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis dengan regresi sederhana, analisis korelasi linier sederhana, uji asumsi klasik, uji parsial, uji koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Biaya promosi yang telah dikeluarkan Rumah Makan Arief setiap tahunnya mengalami kenaikan. Hasil perhitungan persentase kenaikan dengan menggunakan tahun 2008 sebagai tahun dasar maka dapat pada tahun 2009 terjadi kenaikan biaya promosi sebesar 4% dan pada tahun 2010 terjadi kenaikan biaya promosi sebesar 26,5 %. Volume penjualan mengalami kenaikan dalam setiap tahunnya. Dari hasil perhitungan dengan melihat persentase dan menggunakan tahun 2008 sebagai tahun dasar, maka pada tahun 2009 terjadi kenaikan volume penjualan sebesar 8,44% tahun 2010 naik menjadi 23,34%. Pengaruh biaya promosi terhadap jumlah volume penjualan menunjukkan hasil nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (10,391 < 1,960). Hal ini membuktikan variabel biaya promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.

Company have to more desire and active to introduce or market the product or service to consumers in way of promotion. The purpose of the promotion that doing by the company is to inform, influence, persuade and encouragethe consumers in order to buy and make a purchase of goods or sercives that marketed. The purpose of this study was conducted to determine and to know how much the influence of the cost of the promotion to sales volume. The studies was conducted at Arief’s Restaurant in Tarakan city, especially related affect cost of the promotion that influence to sales volume. Taking of Data by using a tool with a simple regression of analysis, simple linear correlation analysis, the classical assumption test, partial test, coefficient determination test. The result of the study showed that cost of the promotion which have been issued by Arief’s Restaurant each year has increased. The result of the calculation of the percentage increase using 2008 as base year in 2009 then it can be an increse in promotional expenses of 4% and in 2010 increase in promotional expenses if 26,5% sales volume increased in every year. From the result of the calculations by looking at the percentages and using 2008 as base year, then in 2009 there is an increase volume of sales by 8.44% in 2010 rese to 23.34%. Effect of promotional costs to total sales volume showed a larger value that the value thitung ttable (10.391 < 1.960). this proves the variable cost of promotion has a positive and significant impact on sales volume.

Detail Informasi