
Developing Grammar Learning Media by Using Ispring Suite 9 on the Eighth Grade Students at SMPN 3 Tarakan
Pengarang : Indriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan iSpring suite 9 yang berbasis Web media pembelajaran sebagai desain dan materi interaktif grammar simple past tense yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Tarakan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode dan Langkahlangkah Dick dan Carry yang mempertimbangkan lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi media, angket validasi desain media, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli desain media pembelajaran Grammar Simple Past Tense dan materi adalah 93% dan 96% dan keduanya berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa dibagi menjadi tiga, yang pertama adalah evaluasi formatif satu lawan satu sebesar 85%, kualifikasi (sangat baik), evaluasi kelompok kecil sebesar 93 (kualifikasi sangat baik), dan evaluasi formatif uji lapangan adalah 90% (kualifikasi sangat baik). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran grammar ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas VIII SMPN 3 Tarakan.
This research aimed to develop a learning media by using iSpring suite 9 Web-Based based This research and development used Dick and Carry method which consisted of five stages, namely analysis, design, development implementation, and evaluation. The instrument used in this research consisted of questionnaire of student need analysis, expert validation of material and media, and students" response questionnaire. The result of this research showed that the validation of Grammar Simple Past Tense learning media from expert design and material was 93% and 96% and both were at very good qualification. The result of students' responses questionnaire was divided into three categories, the first was a one-on one formative evaluation of 85% with very good qualification, the second was the small group evaluation of 93% with very good qualification, and the third was field test formative evaluation of 90% with very good qualification. The result of this research on developing grammar learning media was appropriate to be used in learning English for eighth-grade students at SMPN 3 Tarakan.