Meningkatkan Hasil Belajar Tema 4 Subtema 1 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas IV SDN 004 Malinau Selatan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Tema 4 Subtema 1 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas IV SDN 004 Malinau Selatan

Meningkatkan Hasil Belajar Tema 4 Subtema 1 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas IV SDN 004 Malinau Selatan

Pengarang : Mecer - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Tema 4 Subtema 1 dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN 004 Malinau Selatan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 004 Malinau Selatan semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 004 Malinau Selatan yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Tema 4 Subtema 1 pada siswa kelas IV SDN 004 Malinau Selatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada aspek kognitif siklus 1 37,5 % meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Aspek afektif siklus 1 35,5% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aspek Psikomotorik siklus 1 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil belajar Tema 4 Subtema 1, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)

The purpose of this study was to improve learning outcomes for Theme 4 Sub theme 1 by applying the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model to fourth grade students at SDN 004 Malinau Selatan. The type of research used was Classroom Action Research (CAR) which was carried out at SDN 004 Malinau Selatan 1st semester of the 2019/2021 academic year. The research subjects were students of class IV SDN 004 Malinau Selatan, totaling 8 students. This research was carried out in 2 cycles, each cycle consisting of 3 meetings. The procedure for each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results showed that by applying the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model, it could improve the learning outcomes of Theme 4 Subtheme 1 in fourth grade students of SDN 004 Malinau Selatan. This can be seen from the results obtained in each cycle, in the cognitive aspect of cycle 1 37.5% increased to 87.5% in cycle II. The affective aspect of cycle 1 was 35.5% increased to 100% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I increased 75% to 1007% In cycle II. This research is in accordance with the indicators of success. Keywords: Learning Outcomes Theme 4 Sub-theme 1, Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (TGT)

Detail Informasi