
Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Hang Tuah Tarakan di Era Pandemi Covid-19
Pengarang : Junsy Verawaty Novel - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Hang Tuah Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA Hang Tuah Tarakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 131 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. validitas instrumen dilakukan dengan validitas konstruk menggunakan persamaan Product Moment dan Alpha Cronbach pada uji reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dan uji prasyarat dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Minat belajar siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori sedang dengan persentase 41,2%. Hasil belajar siswa berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori kurang dengan persentase 32,8%. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtaabel (0,186 > 0,17).
The purpose of this study was to see whether there was a correlation between learming interest and students' learning outcomes in Indonesian language learning of class X SMA Hang Tuah Tarakan. This was a correlational study with all students in class X at SMA Hang Tuah Tarakan as the research population. The sample size in this study was 131 students, and the sample was chosen using a simple random sampling procedure. The instrument's construct validity was determined using the Pearson Product Moment Correlation equation and Cronbach's Alpha in the reliability test. A questionnaire instrument was used to measure interest in learning, and documentation was used to collect data on learning outcomes. The Pearson Product Moment Correlation was employed as a data analysis tool. Normality and homogeneity tests were two prerequisite tests. SPSS version 24.0 was used to perform data analysis procedures and necessary tests Based on the frequency table, the learning interest of class X students SMA Hang Tuah Tarakan was in the medium category with a percentage of 41.2%. Based on the frequency table, student learning outcomes fell into the "less" category with a proportion of 32.8%. There was a positive and significant correlation between learning interest and students" learning outcomes in class X SMA Hang Tuah Tarakan with a significance level of 5%, the value of r count was greater than r table (0.186 > 0.17)