
Pengembangan Gamebaru Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTS DDI Tarakan
Pengarang : Aprilia Sri Eka Udiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di MTs DDI Tarakan pada kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk game yaitu GAMEBARU berbasis Android yang berkualitas sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Pada model 4D terdiri dari 4 tahapan. Tahapannya dimulai dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Evaluasi produk GAMEBARU dilakukan sebanyak 5 tahapan yaitu (1) evaluasi oleh ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi, (2) uji coba perorangan dengan subjek 1-3 orang siswa, (3) uji coba kelompok kecil dengan subjek 6-8 orang siswa, (4) uji coba lapangan dengan subjek 15-30 orang siswa dan (5) pengukuran terhadap minat belajar siswa dengan subjek 15-30 orang siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk GAMEBARU yang dikembangkan berdasarkan aspek media memperoleh skor 44 dengan kategori sangat baik, aspek desain pembelajaran memperoleh skor 47 dengan kategori baik dan aspek isi/materi memperoleh skor 39 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil penelitian uji coba produk (perorangan, kelompok kecil dan lapangan) produk GAMEBARU dari segi aspek kemudahan produk untuk dioperasikan memperoleh persentase 78,99% dengan kategori sangat praktis, aspek kemudahan produk untuk dipelajari memperoleh persentase 84,25% dengan kategori sangat praktis, dan aspek keindahan tampilan memperoleh persentase 82,25% dengan kategori sangat praktis dan data peningkatan minat belajar siswa memperoleh hasil dengan kategori sedang yaitu sebesar 0,34. Sehingga produk GAMEBARU dapat dikatakan berkualitas untuk digunakan sebagai pembelajaran untuk siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan.
Kata Kunci: Model Pengembangan 4D, Produk Pengembangan GAMEBARU
The type of the research was research and development. The research was conducted at class VIII of MTs DDI Tarakan. The purpose of the research was to produce a quality game product, namely GAMEBARU based on Android as a mathematics learning media for the students of class VIII of MTs DDI Tarakan on material building a flat sided space. The development model used was a model of 4D. The 4D model consists of 4 stages. The stages were Define, Design, Develop, and Disseminate. The evaluation of GAMEBARU product was carried out in 5 stages, namely (1) evaluation by media experts, learning design experts and material experts, (2) individual trials with 1-3 students as subject, (3) small grup trials with 6-8 students as subject, (4) field trials with 15-30 students as a subject and (5) measuring the students’ interest in learning with 15-3- students as subjects. The results of the analysis showed that the GAMEBARU product which was developed based on the media aspect got a score of 44 in the very good category, the learning design aspect got a score of 47 in the good category and the content/material aspect got a score of 39 in the very good category. Meanwhile, the result of product trials (individual trials, small groups trials, and field trials). GAMEBARU products in the aspect of the product easy to operate was 78.99% in the practical category, the aspect of the product easy to learn was 84.25% in very practical category, and the aspect of the lovely display was 82.25% in a very practical category and the data on increasing the students’ interest in learning was 0.34 in the medium category. Finally, the product of GAMEBARU can be used as learning for the students of class VIII of MTs DDI Tarakan. Keywords: Development Model 4D, GAMEBARU Product Development