Hubungan Antara Sikap Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa indonesia Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan di Era Pandemi Covid-19 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Sikap Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa indonesia Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan di Era Pandemi Covid-19

Hubungan Antara Sikap Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa indonesia Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan di Era Pandemi Covid-19

Pengarang : Susanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mencari hubungan antara sikap siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siwa kelas X SMK Negeri 1 Tarakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan sikap siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Tarakan di era pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Tarakan yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui instrumen angket untuk sikap siswa dan motivasi belajar sedangkan untuk hasil belajar siswa melalui dokumentasi berupa nilai semester II siswa yaitu nilai PAS. Data dalam penelitian ini akan di analisis secara statistik dengan bantuan SPSS 24.0 dan metode korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa dalam belajar di era pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi atau berada pada interval 68-83 dengan nilai rata-rata 79,13. Motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi atau berada pada interval 68-83 dengan nilai rata-rata 75,13. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di era pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi atau berada pada interval 71-85 dengan nilai rata-rata 79,68. Hasil analisis antara sikap siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh nilai dari perhitungan korelasi ganda sebesar 0,618 dan pada taraf signifikansi 5% dan N = 31 di peroleh nilai rtabel 0,335. Berarti rhitung > rtabel (0,618 > 0,335) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Tarakan di era pandemi covid-19 memiliki hubungan yang signifikansi dan tingkat koefisien korelasi berada pada tingkat hubungan kuat atau berada pada interval 0,60 – 0,799.

This study focuces on finding the relationship between student's attitudes learning motivation on Indonesian language learning outcomes for class X students of SMK Negeri 1 Tarakan. The purpose of this study was to determine and describe the relationship between student's attitudes and learning motivation on Indonesia language learning outcomes for class X students of SMK Negeri 1 Tarakan in the era of the covid-19 pandemic. This type of research is a quantitative approach that is correlational. The sample in this study were students of class X Fashion Design at SMK Negeri 1 Tarakan, totaling 31students. Sampling in this research is using purposive sampling techinque. The data collection in this study was through a quetionnaire instrument for student attitudes and learning motivation while for student learning outcomes through documentation in the form of students' second semester scores, namely final exam scores. The data in this study were statistically analyzed with the help of SPSS 24.0 and the multiple correlation method. The results showed that students' attitudes in learning in the era of the covid-19 pandemic were in the high category in the 68-83 internal with an average value of 79.13. Student learning motivation in the era of the covid-19 pandemic is in the high category or in the 68-83 interval with an averge value of 75.13. The results of learning Indonesian students in the era of the covid-19 pandemic are in the high category or in the 71-85 interval with an average value of 79.68. The results of analysis between student's attitudes and learning motivation on Indonesian languagr learning outcomes obtained the value of the multiple correlattion calculation of 0,618 and at a significance level of 5% and N = 31 the rtable value was 0,335. It means that rcount > rtable (0,618 > 0,335) means tha Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded tha students' attitudes and learning motivation towards Indonesian language learning outcomes for claas X fashion Design SMK Negeri 1 Tarakan in the covid-19 pandemic era have a significant relationship and the level of the correlation coefficient is at the level of a strong relationship or is in the interval 0,60-0,779.

Detail Informasi