Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minuman Berbahan Dasar Kopi Yang Disajikan Cafe Howzit Rooftop Lounges Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minuman Berbahan Dasar Kopi Yang Disajikan Cafe Howzit Rooftop Lounges Kota Tarakan

Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minuman Berbahan Dasar Kopi Yang Disajikan Cafe Howzit Rooftop Lounges Kota Tarakan

Pengarang : Muhamad Rizski Jauhari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Saat ini kedai-kedai kopi kekinian dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia terkhusus di Kota Tarakan sendiri kedai kopi dapat dengan mudah di temukan. Hadirnya kedai-kedai minuman kopi tersebut menjadikan tingginya tingkat persaingan dalam usaha penjualan minuman berbahan dasar kopi. Berdaraskan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang bauran pemasaran dan pengaruh dari bauraan pemasaran terhadap kepuasan pelanggan yang di lakukan Cafe Howzit untuk menarik pelanggan dan tetap mendapat keuntungan dari usahanya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seperti apa bauran pemasaran minuman kopi yang dilakukan oleh Cafe Howzit, mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada minuman berbahan dasar kopi yang disajikan Cafe Howzit. Metode penentuan sampel penelitian menggunakan Purposive sampling dengan jumlah responden 50 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer yaitu data kuesioner dan data sekunder yaitu data hasil penjualan kopi Cafe Howzit Rooftop. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka serta dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan uji r, uji f dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah bauran pemasaran kopi yang dilakukan Cafe Howzit mulai dari tempat yang nyaman dan mudah dijangkau, harga yang diberikan cukup terjangkau, produk minuman kopi yang disajikan sesuai dengan yang ada di menu dan berkualitas lalu promosi dilakukan dengan menggunakan media sosial dan promosi langsung dari waiters. Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hasil variabel harga dan produk memiliki nilai signifikan menggunakan uji f dan uji t. Hasil uji f menghasilkan bahwa variabel X (bauran pemasaran) berpengaruh terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan). Hasil uji t, variabel yang berpengaruh signifikan adalah variabel harga dan variabel produk.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Contemporary coffee shops may now be found in a variety of places around Indonesia, particularly in Tarakan City. Due to the presence of numerous coffee shops, the business of selling coffee-based drinks has become extremely competitive. Based on this, researchers wanted to learn more about the mixed marketing and how it affected customer happiness, as well as what Cafe Howzit did to attract people while still profiting from their business. The purpose of this study was to determine what Cafe Howzit's mixed marketing for coffee drinks was like, as well as the impact of the mixed marketing on customer satisfaction with the coffee-based drinks offered by Cafe Howzit. Purposive sampling was used to choose the research sample, with a total of 50 persons responding. The study used both qualitative and quantitative data, with primary data coming from questionnaires and secondary data coming from coffee sales at Cafe Howzit Rooftop. Questionnaires, interviews, literature review, and documentation were used to collect data. The descriptive analysis and multiple linear regression with r test, f test, and t test were employed in the data analysis. The results of this study. were the coffee mixed marketing used by Cafe Howzit, which began with a location that was comfortable and easy to find, prices were reasonable, coffee drink products were in line with the menu and high quality, and promotions were carried out through social media and direct marketing from the waiters. Using the f test and t test, the findings of multiple linear regression analysis revealed that the price and product variables had significant values. The f test findings revealed that variable X (mixed marketing) had an impact on variable Y. (customer satisfaction). The price variable and the product variable were the variables that had a significant effect, according to the t test results. Keywords: Mixed Marketing, Customer Satisfaction

Detail Informasi