Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) dalam Pemahaman Kemampuan Membaca Teks Hasil Observasi (LHO) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) dalam Pemahaman Kemampuan Membaca Teks Hasil Observasi (LHO) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) dalam Pemahaman Kemampuan Membaca Teks Hasil Observasi (LHO) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Susan Pratiwi Azahari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode SQ4R (Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, and Review) dalam pemahaman kemampuan membaca teks hasil observasi (LHO) pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel di tentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tarakan sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII-F sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan independent sample t-test pada software SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 3,064 sedangkan taraf signifikan a = 0,05 dengan df=59 diperoleh nilai ttabel 1,671 berarti thitung ? ttabel (3,064 ? 1,671) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ4R membuat siswa lebih antusias dan lebih berperan dalam proses pembelajaran berbeda dengan siswa yang belajar menerapkan metode konvensional.

The purpose of this study was to examine the effect of the SQ4R method on seventh graders’ ability to read observation report text. This research was conducted in SMP Negeri 6 Tarakan in February 2020. This study used a quasi- experimental research design with a Pretest-Posttest control group. The population of this study was all seventh graders. A random sampling approach was used to determine the sample group. The sample consisted of 32 students from class VII- G as experimental group and 29 students from class VII-Fas the control group in SMP Negeri 6 Tarakan. Data was collected using the test method in the form of an ordinary multiple choice objective test and analyzed using the independent sample t-test using Windows SPSS software version 16.0. based on the results of inferential statiscal analysis using the independent sample t-test, t-observed ? t- table (3,064 ? 1,671), so that H0 was rejected and Ha was accepted. In conclusion, when compared to students who utilized conventional methods, those who used the SQ4R method indicated greater enthusiasm and engagement in the learning process.

Detail Informasi