
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have (QSH) Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA MBS (Muhammadiyah Boarding School) Tarakan
Pengarang : Patimah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Question Student Have terhadap berpikir kritis siswa pada tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian time series. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 Muhammadiyah Boarding School Tarakan dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji T sampel berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,000. Jika sig (2- tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran question student have berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
The research objective was to investagate the influence of active learning Question Student Have (QSH) strategy toward critical thinking of first-grade student of Muhammadiyah Boarding School of Tarakan on first, second, third, and fourth test before and after learning. The research design was quasi-experimental with the design of study time series. The research sample was taken in SMA Muhammadiyah Boarding School. The result revealed that T-test analysis of paired samples obtained a significant value of 0.000. if the sig (2-tailed) < 0.05 then Ha was accepted and Ho was rejected. It indicated that there were significant differences between the test first, second, third, and fourth before and after learning using question student have a strategy on student critical thinking skills.