
Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Di SMK Nurul Iman Sebatik Timur
Pengarang : Isnawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Nurul Iman Sebatik Timur. Bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh konselor kepada konseli dalam lingkungan sekolah terhadap siswa dalam rangka untuk mencapai kemandirian dalam pemahaman diri, penerimaan diri, penghargaan diri, dan perwujudan diri sebagai wujud mencapai perkembangan yang optimal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah Guru Bimbingan dan konseling dan juga beberapa siswa di SMK Nurul Iman Sebatik Timur yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data yang diperoleh dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil wawancara yang dilakukan tatap muka dan secara online melalui media whatsapp dengan Guru Bimbingan dan konseling dan beberapa siswa yang pernah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok setiap tahapan dijelaskan oleh Guru Bimbingan dan konseling, adapun tahapannya yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran agar proses pelaksanaannya dapat terarah, dan juga dapat dimengerti oleh siswa untuk mencapai tujuan bersama.
Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok
The purpose of this study was to determine the implementation of group guidance services at the SMK Nurul Iman Sebatik Timur. Group guidance is one of the service provided by counselors to counselees in the school environment in order to achieve independence is self-understanding, self-acceptance, self-esteem, and self- relization as a form of achieving optimal development. In this descriptive qualitative research, the subjects were the guidens and counseling teachers and 4 students. Data were collected using interviews and documentation. The data were analyzed using validity analysis by data reductions, data presentation and data verification. The interviews were conducted face-to-face and online through whatsapp media with the guidance and counseling teachers and some students who had attended group guidance services. The implementations of group guidance service at each stage which consisted of the formation stage, the transition stage, the activity stage, and the termination stage was explained by the guidance and counseling teacher so that the implementation process can be directed and can also be understood by the students to achieve common goals. Keywords: Implementation of Group Guidance Services