
Profil Pengetahuan Hakikat Sains Calon Guru Biologi di Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Ribka - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman calon guru Biologi Universitas Borneo Tarakan tentang hakikat sains. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 Program Studi Pendidikan Biologi dengan jumlah 121. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal dan angket tentang pemahaman hakikat sains pada mahasiswa dan hasil yang diperoleh kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman hakikat Sains calon guru Biologi Universitas Borneo Tarakan memperoleh rata-rata 70 dengan kategori baik. Hakikat sains terdiri dari 7 aspek dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu Basis Empiris ( Empiris Base) diperoleh 72, Sementara (Tentative) diperoleh 65, Teori dan Hukum (Theories and Law) diperoleh 70, Sosial dan budaya (Socio Cultural Embeddedness) diperoleh 65, Kreatifitas (Creativity) diperoleh 79, metode ilmiah(Scientific Method) diperoleh 71.
This study aimed to determine the understanding of prospective Biology teachers at the University of Borneo Tarakan about the nature of science. This was a descriptive qualitative research. Using a purposive sampling technique, a total of 121 students from the 2015 and 2016 Biology Education department were taken as the study sample. Data collection was done by giving questions and questionnaires about the understanding of the nature of science to students and the results obtained were then analyzed. The results of the study showed that the students’ understanding of the nature of science which consisted of 7 aspects was at a good category with an average score of 70. The average scores for the seven aspects were for the 72 for the Empirical Base, 65 for the Tentative, 70 for the Theories and Law, 65 for the Socio Cultural Embeddedness, 79 for the Creativity, and 71 for the Scientific Method.