Kelimpahan dan Dominansi Udang Di Perairan Sungai Sembakung dan Potensi Implementasinya Dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kelimpahan dan Dominansi Udang Di Perairan Sungai Sembakung dan Potensi Implementasinya Dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA

Kelimpahan dan Dominansi Udang Di Perairan Sungai Sembakung dan Potensi Implementasinya Dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA

Pengarang : Sri Wahyuni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelimpahan dan dominansi jenis Udang di Perairan Sungai Sembakung dan untuk mengetahui potensi implementasinya pada pembelajaran biologi Kelas X SMA berdasarkan hasil penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualittatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh spesies dari Udang yang terdapat di Perairan Sungai Sembakung. Hasil penelitian ini ditemukan 4 spesies yang termasuk ke dalam 1 genus yaitu Macrobrachium. (1) Kelimpahan tertinggi yang terdapat di Perairan Sungai Sembakung adalah jenis Udang Macrobrachium Rosenbergii dengan indeks kelimpahan sebesar 42.13% yang termasuk kategori tinggi sedangkan kelimpahan terendah yaitu jenis Udang Macrobrachium Australe dengan indeks kelimpahan 2.55% yang termasuk kategori rendah. (2) Dominansi Udang di Perairan Sungai Sembakung terdapat pada spesies Macrobrachium Rosenbergii dengan indeks dominansi sebesar 0.18 sedangkan dominansi terendah terdapat pada spesies Macrobrachium Australe dengan indeks dominansi sebesar 0.00 yang masing-masing berkategori rendah. (3) hasil penelitian analisis keterkaitan penelitian kelimpahan dan dominansi udang dengan pembelajaran Biologi, terdapat pada materi animalia invertebrata kelas X SMA dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.8 dan 4.8. langkah pemanfaatan hasil penelitian menjadi potensi implementasi pada pembelajaran Biologi, antara lain: (1) kejelasan potensi; (2) kesesuaian dengan tujuan pembelajaran; (3) kejelasan sasaran; (4) kejelasan informasi; (5) pedoman eksplorasi; (6) kejelasan perolehan yang ingin dicapai.

This study aimed to analyze the abundance and dominance of shrimp species in the Sembakung river and to determine the potential of the research results to be implemented in Biology learning to the tenth grade students. This was a descriptive exploratory study with quantitative and qualitative approaches. Samples of this study were all species of shrimp found in the Sembakung river. The results of this study indicated that there were 4 species included in one genus of Macrobrachium. The highest abundance found was the Macrobrachium Rosenbergii shrimp species with an abundance index of 42.13% (high category) while the lowest abudance was the Macrobrachium Australe shrimp with an abundance index of 2.55% (low category). The highest dominace was Macrobrachium Rosenbergii species with a dominance index of 0.18 (low category) while the lowest dominance was Macrobrachium Australe species with a dominance index of 0.00 (low category). The link between the research results and the potential of implementation of learning Biology was found in the learning materials of Invertebrate Animalia with Basic Competencies (KD) 3.8 and 4.8. The research results that potentially implemented in Biology learning were clarity of potential, conformity with learning objectives, clarity of objectives, clarity of information, exploration guidelines, and clarity of acquisition to be achieved.

Detail Informasi