Pengaruh Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Nurul Ulfah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjawab rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terhadap nilai literasi sains siswa pada tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran serta bagaimana grafik time series dari nilai rata-rata tes sebelum dan setelah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan SETS terhadap literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian time series. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan dan sampel penelitian adalah kelas VII J. Hasil penelitian uji homogenitas dan uji normalitas didapatkan hasil bahwa data homogen dan normal. Analisis uji T sampel berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikasi 0,000. Jika sig (2tailed) < 0,05 maka Ha diterima, kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pendekatan SETS berpengaruh dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes pertama hingga keempat dengan postes pertama hingga keempat, 2) Grafik hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata-rata pretes stabil dan konsisten kemudian setelah diberikan perlakuan keadaannya meningkat secara konsisten pula.

This study aimed to investigate whether there was an effect of the SETS (Science, Environment, Technology and Society) approach on students’ scientific literacy scores on the first, second, third and fourth test given before and after treatments, and to analyze the time series graphs of the average test scores before and after treatments. This was quasi-experimental research with time series design. The population in this study were all the seventh grade students of SMP Negeri 2 Tarakan and the study sample was taken from the class VII J. From the results of the homogeneity and normality test it was found that the data were homogeneous and normal. From the results of the paired sample t-test it was found that at significance 0,000, the value of significance (2-tailed) was smaller than 0.05, which meant that the Ha was accepted. There was a significant difference between pretest and posttest scores. It was concluded that the application of the SETS approach gave a significant difference on the students’ scientific literacy scores for the four tests given before and after treatments and the graph showed that the average scores in the pretest was stable and there was a consistent increase after given treatment.

Detail Informasi