
The Use Of Animation Video To Improve Students’ Writing Achievement Of Narrative Text At The Eighth Grade Students Of SMP Frater Don Bosco Tarakan In Academic Year 2019/2020
Pengarang : Yuniarti Rherhe Valen - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana animasi video dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlebih dalam menulis teks narative dikelas VIII-2 di SMP Frater Don Bosco Tarakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 43 siswa. Jumlah sampel adalah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, wawancara, dan tes menulis. Terdapat dua kriteria kesuksesan dalam penelitian ini. Pertama, nilai tes menulis siswa harus mencapai 75.0 atau melebihi. Kedua, penilaian kegiatan guru dan siswa harus mencapai 80. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode campuran. Analisis kualitatif untuk menghitung data dari lembar observasi dan wawancara, analisis kuantitatif untuk menghitung data dari tes tertulis. Hasil penelitian dari siklus pertama sampai siklus kedua menujukkan bahwa penggunaan animasi video dapat meningkatkan hasil menulis siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai menulis siswa yang meningkat disetiap pertemuan. Pada pertemuan pertama pada siklus satu presentase kelas adalah 43% sedangkan di pertemuan kedua adalah 48%. Pada siklus kedua, presentase kelas pada pertemuan pertama adalah 62% sedangkan pada pertemuan kedua adalah 81%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan latihan menulis menggunakan animasi video dapat meningkatkan nilai menulis siswa. Peningkatan juga dapat dilihat dari hasil lembar pengamatan. Hasil lembar observasi menunjukan proses pembelajaran berhasil. Berdasarkan hasil wawancara, didapatkan bahwa belajar dan mengajar dengan menggunakan animasi video sangat bermanfaat dan membuat siswa santai dan membuat kegiatan belajar terasa menyenangkan. Dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan animasi video peancapaian menulis siswa meningkat.
This study was aimed to find out if the use of video animation was able to improve student learning achievement in writing narrative texts in class VIII-2 at SMP Frater Don Bosco Tarakan. This was a Classroom Action Research (CAR). The population in this study was 43 students and the samples were 21 students. The instruments used in this study were observation sheets, interviews, and writing tests. There were two criteria used to measure succsess in this research. First, students’ writing test scores had to reach 75.0 and above. Second, assessment of the teacher ans student activities had to reach 80. The results of the study indicated that the use of video animation was able to improve student writing achievement at each meeting. In the first cycle, class succsess at the first meeting was 29% while in the second meeting was 48%. In the second cycle, class success at the first meeting was 52% while at the second meeting was 76%. It was concluded that the use of video animation improved students’ writing scores.Improvement was also seen from the results of the observation sheet. The observation sheet results showed that the learning process was successful. Based on the results of interviews, it was known that the use of video animation was very useful in creating fun learning activities and improving students’ writing skills.