
The Effect Of Word Clap Game Towards Students’ Vocabulary Achievement On Seventh Grade In SMPN 4 Tarakan
Pengarang : Titin Suryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah "Word Clap Game" dapat digunakan sebagai strategi dalam pengajaran kosa kata dan untuk mengetahui apakah penggunaan "Word Clap Game" dapat meningkatkan prestasi kosa kata siswa dalam belajar kosa kata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 di SMPN 4 Tarakan tahun akademik 2020/2021. Kosa kata adalah salah satu komponen bahasa Inggris yang harus dikuasai dan diperoleh oleh siswa dalam mempelajari bahasa baru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Word Clap Game sebagai strategi untuk mengajar kosa kata kepada siswa kelas tujuh SMP N 4 Tarakan. Game bertepuk kata adalah permainan yang menggunakan tepukan dan kolaborasi dengan siswa lain. Instrumen yang diguanakan berupa tes fill in the blank berupa posttest dan pretest. Selain itu peneliti menggunakan deskriptif analisis sebagai data dan SPSS 24.0 digunakan untuk analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pra tes dan pos tes.Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. Rata rata skor yang diperoleh siswa di pra tes adalah 54.85 dan 79.03 di pos tes. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 24.18 poin.Dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada pos tes lebih tinggi daripada pra tes dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai membaca siswa antara pra tes dan pos tes. Hasil dari paired sample test menunjukkan bahwa hasil t-test (11.274) lebih tinggi dari t-tabel (2.042). jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa permainan Word Clap dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan prestasi kosa kata siswa. Selain itu, pendapat siswa tentang permainan juga menunjukkan bahwa itu membantu siswa dalam belajar kosa kata.
Vocabulary is one of the language components that must be mastered and acquired by students in learning a new language. The purpose of this study was to determine the effect of using Word Clap Games on student vocabulary performance. The subject of this study were the seventh grade students of SMPN 4 Tarakan in the academic year 2020/2021. In this study, Word Clap game was used as a strategy in teaching vocabulary to the seventh grade students. Word Clap Game used applause and student collaboration. The instrument used was a fill in the blank test given before and after treatment. Data were analyzed descriptively with SPSS 24.0. the results of this study indicated that there was a significant difference in the average score between pretest (54.85) an posttes (79.03). there was an increase of 24.18 points in the average scores. This result indicated a significant difference in students’ reading scores between pretest and posttest. The results of paired sample t-tests showed that the calculated t value (11,274) was greater than the critical tvalue (2,042). So, the Ha was accepted and the Ho was rejected. Based on these results it was conclude that the use of Word Clap Games increased student vocabulary performance. This game helped students learn vocabulary.