An Error Analysis In Writing Descriptive Text Made By Ninth Grade Students Of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Error Analysis In Writing Descriptive Text Made By Ninth Grade Students Of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan

An Error Analysis In Writing Descriptive Text Made By Ninth Grade Students Of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan

Pengarang : Syaid Febriyanto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Menulis adalah representasi grafis dari Bahasa lisan dimana penulis menempatkan ide dan pemikiran mereka kedalam kata-kata sebagai hasil dari pemikiran dan pengalaman. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi jenis kesalahan yang terjadi pada descriptive text Bahasa inggris yang ditulis oleh siswa, (2) menemukan sumber kesalahan yang mempengaruhi siswa kelas Sembilan di SMP IT Ibnu Abbas Tarakan tahun akademik 2018 melakukan kesalahan dalam descriptive text. Subjek penelitian ini adalah 13 students. Peneliti menggunakan mixed method design. Penelitian ini dilakukan pada hari senin 29 juli 2019 di SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. Teknik pengumpulan data menggunakan test tertulis dan wawancara. Peneliti menganalisis tulisan siswa tentang kesalahan mereka dalam menulis descriptive text. Penelitian ini difokuskan pada klasifikasi kesalahan dan sumber kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 165 jenis kesalahan yang ditemukan pada descriptive text tulisan siswa, dianalisis berdasarkan Surface Strategy Taxonomy. Ditemukan 10 kesalahan penambahan dengan total 6%, 51 errors dari penghilangan dengan total 30%, 94 kesalahan pembentukan dengan total 57% .dan 11 kesalahan penempatan dengan total 7%. Sementara itu, menurut Comparative Analysis Taxonomy kesalahan-kesalahan tersebut di pengaruhi oleh beberapa factor seperti kesalahan perkembangan 26,4%, kesalahan interlingual 31%, kesalahan ambigu 17% dan kesalahan lainnya 25%. Kesimpulannya, kesalahan yang terjadi dalam descriptive text buatan siswa adalah siswa masih bingung untuk menerapkan aturan dalam bahasa inggris. Jadi, mereka tidak tahu bagaimana memahami dengan baik tentang tata bahasa ketika mereka membuat sebuah kalimat. Sumber yang terjadi adalah siswa melakukan negative transfer. Maksudnya adalah siswa menerjemahkan bahasa target sebagai bahasa ibu mereka dalam arti yg sama.

Writing is a graphical representation of spoken language where writers put their ideas and thoughts into words as a result of thoughts and experiences. This study aimed at identifying the types of errors and finding the source of errors in English descriptive text made by the ninth grade students at SMP IT Ibnu Abbas Tarakan in the academic year 2018. Conducted on Monday, July 29, 2019 at the SMP IT Ibnu Abbas Tarakan, this research involved 13 students. It used a mixed method design. Data were collected using written tests and interviews. Errors found in the student writings were analyzed. This research was focused on the classification of errors and sources of errors. The results showed that there were 165 types of errors found in students’ descriptive text, analyzed based on Surface Strategy Taxonomy. Also found in the study were 10 errors on addition (6%), 51 errors on removal (30%), 94 errors on formation (57%), and 11 errors on placement (7%). Meanwhile, according to the Comparative Analysis Taxonomy these errors were influenced by several factors such as developmental errors 26,4%, interlingual error 31%, ambiguous errors 17% and other errors 25%. In conclusion, the errors were caused by learners’ confusion in applying English rules and limited grammar understanding. Negative transfers were also identified as the source of learner errors---the students applied the rules of their mother tongue when using the target language.

Detail Informasi