
A Descriptive Comparative Of Teaching Method And Teaching Media Used By 4th Grade Teachers Between SD National Plus Indo Tionghoa Tarakan and Integrated Laboratory School Of West Visayas State University
Pengarang : Oulien Surya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi pada metode ajar dan media ajar serta untuk menggambarkan perbedaan metode ajar dan media ajar yang digunakan oleh dua guru kelas 4 yang berbeda di Integrated Laboratory School of West Visayas State University dan SD Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah field note, kuesioner, wawancara, dan dokumen sekolah. Serta teknik analisis data menggunakan triangulasi oleh Miles dan Huberman. Peneliti menemukan ada beberapa perbedaan dan persamaan metode ajar yang digunakan oleh kedua guru yang berbeda. Metode ajar yang biasa digunakan oleh guru di Integrated Laboratory School of West Visayas State University adalah metode diskusi kelompok, metode picture and picture, metode tanya jawab. Sementara itu di SD Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan, metode bermain peran yang umum digunakan, metode picture and picture, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. Kemudian guru di Integrated Laboratory School of West Visayas State University kebanyakan menggunakan media pengajaran dengan guru menggunakan jenis visual yang tidak diproyeksikan seperti foto, gambar dan poster sebagai media ajar. Selain itu, guru juga biasanya menggunakan jenis permainan dan juga jenis realitas seperti permainan puzzle dan juga boneka. Sementara itu guru di SD Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan juga menggunakan media pengajaran visual yang tidak diproyeksikan dan menggunakan jenis media pengajaran cetak seperti menggunakan buku aktivitas siswa atau modul.
This study aimed at describing the implementation of teaching methods and teaching media and the differences in teaching methods and used by two 4th grade teachers at the Integrated Laboratory School of West Visayas State University and SD National Plus Indo Tionghoa Tarakan. This study used a qualitative method. The instruments of this study were field notes, questionnaires, interviews, and school documents. Data were analyzed using triangulation by Miles and Huberman. The results showed that there were some differences and similarities in the teaching methods used by two teachers. Teaching methods commonly used by teachers in the SD national Plus Indo Tionghoa Tarakan were role playing, picture and picture, demonstration and question and answer. Meanwhile, the teacher at the Integrated Laboratory School of West Visayas State University generally used unprojecte visual teaching media such as photographs, drawing and posters. The teacher also usually used games and reality such as puzzle and dolls. The teacher at SD National Plus Indo Tionghoa Tarakan also used unprojected visual teaching media and use printed teaching media such as student activity books or modules.