
The Correlation Between Students’ Learning Motivation And Students’ English Learning Achievement At Eight Grade Student Of SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Yustan Sampe Ropong - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Motivasi adalah salah satu peranan penting dalam belajar karena dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. 60 siswa dari kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan diambil sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari motivasi belajar dan dokumen analisis nilai rapot hasil belajar bahasa Inggris siswa. Untuk menemukan hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa, peneliti menggunakan pearson product moment korelasi untuk menganalisa data. Hasil dari kuesioner motivasi belajar menemukan bahwa motivasi belajar siswa dari kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan berada pada klasifikasi sedang. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata (88.83) dari angket motivasi belajar siswa dengan persentase 96.67% di klasifikasi motivasi belajar siswa. Hasil dari nilai bahasa Inggris siswa menemukan bahwa nilai bahasa Inggris siwa kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan berada pada kategori baik. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata (76.85) dari hasil nilai rapot bahasa Inggris siswa dengan persentase 51.67% di klasifikasi hasil belajar bahasa Inggris siswa. Analisis penelitian ini dengan menggunakan pearson product moment korelasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang singnifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar bahasa inggris siswa. Tingkat korelasi koesfisien pada penelitian ini berada pada kategori sedang atau cukup.
Motivation is one of important role in learning because it can make the influence to students learning achievement. The objective of this research was to find out is there any correlation between students’ learning motivation and students’ English learning achievement at eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan. This research uses approach quantitative with correlation method. 60 students of the eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan were taken as the sample in this research by purposive sampling technique. To collect the data in this research, the researcher used questionnaire of learning motivation and document analysis from students’ report of English learning achievement. To find out the correlation between students’ learning motivation and students’ English learning achievement, the researcher used pearson product moment correlation to analyse the data. The result of questionnaire from students’ learning motivation found that the students’ learning motivation at eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan was in medium classification. It can be seen from the mean score (88.83) of learning motivation with the percentage 96.67% from classification of students’ learning motivation. The result of students’ English learning achievement found that the students’ English learning achievement at eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan was in good category. It can be seen from the mean score (76.85) of English achievement with percentage 51.67% from classification of students’ English learning achievement. The analysis using pearson product moment correlation. The result show that there was significant correlation between students’ learning motivation and students’ English learning achievement. The degree of correlation coefficient was medium or enough correlation.