
An Analysis Of Grammatical Errors In Writing Descriptive Paragraph At The Third Semester Students In English Department Borneo University Of Tarakan
Pengarang : Tri Wahyuningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester tiga jurusan pendidikan bahasa inggris universitas Borneo Tarakan dalam paragraf deskriptif, (2) mengetahui frekuensi tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester tiga jurusan pendidikan bahasa inggris universitas Borneo Tarakan (3) mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber kesalahan yang mempengaruhi mahasiswa untuk melakukan kesalahan yang dituliskan dalam tulisan mereka. Subyek penelitian ini adalah 37 mahasiswa semester tiga. Dalam mengumpulkan data, peneliti meminta mahasiswa untuk menulis paragraf deskriptif dengan topik yang telah diberikan. Peneliti juga mewawancarai 6 mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai kemungkinan penyebab yang mempengaruhi mereka melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 401 kesalahan yang ditemukan pada tulisan mahasiswa, yang dianalisis dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy. Ditemukan 98 kesalahan penghilangan, 58 kesalahan penambahan, 226 kesalahan pembentukan dan 19 kesalahan penempatan. Sementara itu, menurut Comparative Analysis Taxonomy kesalahan-kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesalahan perkembangan, kesalahan interlingual, kesalahan ambigu dan kesalahan oleh lainnya. Maka, ditemukan 150 kesalahan yang disebabkan oleh perkembangan, 21 kesalahan oleh interlingual, 72 kesalahan oleh ambigu dan 3 kesalahan oleh faktor lainnya. Kesimpulannya, kesalahan-kesalahan gramatikal yang terjadi pada tulisan mahasiswa karena kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai grammar, dan pengaruh struktur bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran bahasa target (English).
This research was conducted to (1) identify and describe the types of errors in descriptive paragraph made by the third semester students majoring in English education at the Borneo Tarakan University (UBT); (2) find out the frequency of types of the errors; (3) identify and describe the sources of the errors. The subjects of this study were 37 third semester students. Data were collected by asking the students to write descriptive paragraphs with the given topics. To get information about possible causes of the errors, 6 students were interviewed. The results showed that there were totally 401 errors found in students’ writings which were analyzed using Surface Strategy Taxonomy. They consisted of 98 omission errors, 58 addition errors, 226 formation errors, and 19 placement errors. Meanwhile, based on the comparative analysis taxonomy, 150 errors were caused by developmental factor, 21 errors by interlingual factor, 72 errors by ambiguous factor, and 3 errors by other factors. In conclusion, the students’ grammatical errors were due to their lack of grammar understanding and the influence of indonesian structure in the process of learning English.