The Profile Of English National Examination Results Of Senior High Schools In Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Profile Of English National Examination Results Of Senior High Schools In Malinau

The Profile Of English National Examination Results Of Senior High Schools In Malinau

Pengarang : Liza Zari Pebrianti Z. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan profil hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malinau dan 2) mengetahui perbedaan hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris siswa SMA di Kabupaten Malinau di tinjau dari status sekolah, akreditasi sekolah, jurusan, jenis kelamin dan pencapaian siswa SMA di Malinau tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti menggunakan total sampling untuk teknik pengambilan sample dengan jumlah sample 894 siswa SMA di Malinau. Data yang di analasis adalah hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa niliai signifikan pada status sekolah adalah 0,000 yang mana sekolah negeri memiliki nilai ujian bahasa inggris lebih tinggi daripada siswa sekolah swasta. Akreditasi sekolah nilai signifikannya adalah 0,015, nilai ujian nasional Bahasa Inggris akreditasi A lebih tinggi dari pada akreditasi B, C dan tak terakreditasi. Jurusan nilai signifikannya adalah 0,000, nilai ujian nasional bahasa inggris jurusan IPS lebih tinggi daripada siswa jurusan IPA, gender nilai signifikannya adalah 0,000, hasil ujian nasional bahasa inggris siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki, dan untuk pencapaian siswa, nilai signifikan adalah 0,000 dan dari hasil ujian nasional bahasa inggris siswa SMA di Malinau termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil perhitungan hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris pada setiap variabel menunjukkan nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05. H0 di tolak dan Ha diterima berarti ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata Ujian Nasional Bahasa Inggris dengan setiap variabel. Dari hasil perhitungan akhir tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai Ujian Nasional Bahasa Inggris siswa SMA di Malinau ditinjau dari status sekolah, akreditasi sekolah, jurusan, jenis kelamin dan pencapaian siswa.


Abstract

This aimed at describing profile and finding out dofference of the English national examination for senior high school students in Malinau District in terms of school status, school accreditation, major, gender, and student achievement in the 2018/2019 academic year. This research used a quantitative method with causal comparative approach. By using a total sampling technique, 894 high school students in Malinau were taken as the research samples. Data were taken from the results of the national hogh school examination. In analyzing the data, the researcher used the Mann Whitmey U and Kruskall Wallis H tests. The result showed that the significant value for each variable was 0.000. As the significant value was less than 0.05, the H0 was rejected. It was concluded that there were significant differences in the mean scores of the English national examination in each variable, namely school status, school accreditation, major, gender and student’s achievement. English achievement of the senior high school students in Malinau in the national examination was in a low category

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi