
A Comparative - Case Study Of Indonesia and The Philippines’ English Curriculum For Grade 9 Of Junior High School
Pengarang : Rahmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari kurikulum bahasa inggris milik Indonesia dan Filipina untuk kelas 9 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2019/2020 juga karakteristik khusus lain dari kedua negara. Untuk menerapkan penelitian perbandingan studi kasus, dua sekolah dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari catatan lapangan, transkrip interview dan dokumen-dokumen yang berkaitan untuk kemudian dianalisis melewati aktivitas tiga data yang konkuren (pemilihan data, penyajian dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan ada persamaan dan perbedaan antara kedua kurikulu. Persamaan yang pertama yaitu maksud dan tujuan kedua kurikulum adalah ingin meningkatkan keterampilan komunikatif dan literasi bahasa Inggris. Kedua, dilihat dari komponen standar pedagogik, yang serupa terletak pada mode pedagogik, jenis pendekatan pembelajaran, pendekatan pembelajaran formatif (termasuk penilaian formatif), mekanisme umpan balik, tugas, sumber dan teknologi serta pengaturan waktu dan lingkungan. Kemudian, kedua kurikulum menerapkan penilaian otentik secara holistik tetapi berbeda dalam mengatur penilaian. Terakhir, teks percakapan interpersonal dan transaksional dan teks fungsional juga monolog adalah objek pembelajaran kurikulum EFL Indonesia. Sementara objek pembelajaran dari kurikulum ESL Filipina adalah beberapa pilihan Sastra Anglo-Amerika. Beberapa karakteristik khusus dari kedua praktik kurikulum yaitu mengambil keuntungan dari teknologi canggih saat ini, membangun tanggung jawab diantara siswa, menilai sikap siswa secara otentik melalui bukti dan tidak hanya menilai prestasi akademik berdasarkan nilai tinggi yang diperoleh di dalam kelas.
Tidak Tersedia Deskripsi