The Use Of Buzz Group Technique To Improve Students’ Writing Skill On Descriptive Text For Eighth Grade In MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Use Of Buzz Group Technique To Improve Students’ Writing Skill On Descriptive Text For Eighth Grade In MTs Negeri Tarakan

The Use Of Buzz Group Technique To Improve Students’ Writing Skill On Descriptive Text For Eighth Grade In MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Nurnadila - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik buzz group dan mereka yang diajar dengan menggunakan teknik numbered head together di MTs Negeri Tarakan. Penelitian ini Menggunakan Quasi Experimental. Desain penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Ada dua kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Perlakuan untuk kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Teknik Grup Buzz dan kelas kontrol menggunakan Teknik Numbered Head Together. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis berjenis esai. Data yang dianalisis adalah pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kontrol. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan sampel T-test independen di SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam skor siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Itu dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa. Hasil tes sebelum diberi perlakuan (pre-test) kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata skor 65,65 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 77,17. Sedangkan untuk hasil posttest, kelas eksperimen dengan rerata skor 66,53 dan hasil posttest untuk kelas kontrol dengan rerata skor 77,92. Hal ini dapat dilihat dari kedua kelas mendapat peningkatan yang lebih tinggi setelah memberikan perlakuan dengan menggunakan teknik buzz group dan numbered head together. Hasil independent sample T-test antara post test dalam eksperimen kelas dan kontrol kelas adalah (t-score = -2,470) > (t-tabel = -2000) dan dengan nilai sebesar 0,16. Berdasarkan penjelasan di atas, hasil analisis data membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Buzz Group dan siswa yang diajar dengan menggunakan teknik numbered head together dalam mengajar penulisan teks deskriptif untuk kelas delapan. Ha diterima ketika nilai t-score lebih tinggi dari ttabel, sedangkan H0 ditolak.

The purpose of this study was to find out whether there were significant differences in the writing skills of students taught by using the buzz group technique and those taught by using the numbered head together technique at MTs Negeri Tarakan. The design of this study was quasi-experimental. Samples were selected using a purposive sampling technique. There are two classes used as samples in this study. The treatment for the experimental class was taught using the Buzz Group technique and the control class used the Numbered Head Together technique. The research instrument was an essay test. The data analyzed were pretest and posttest from the experimental and control classes. In analyzing the data, an independent sample t-test was used with the help of SPSS 24.0. The results showed that there were differences in student scores between the experimental and the control classes. That was evidenced by the results of the students’ average scores. For pretest, the experimental class obtained a mean score of 65.65 and the control class of 77.17. For posttest, the experimental class obtained a mean score of 66.53 and the control class of 77.92. The two classes increased their scores after given the treatments. The results of the independent sample t-test between the posttests of experimental and control classes were t-value (-2.470) was greater than the critical t value (-2000) and with a value of 0.16. The Ha was accepted. It was proven that significant differences existed between the two classes in writing descriptive texts after given the treatments.

Detail Informasi