The Use Of Picture Series In Improving Students Vocabulary Achievement At Seventh Grade Students Of SMPN 11 Tarakan 2019/2020 Academic Year | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Use Of Picture Series In Improving Students Vocabulary Achievement At Seventh Grade Students Of SMPN 11 Tarakan 2019/2020 Academic Year

The Use Of Picture Series In Improving Students Vocabulary Achievement At Seventh Grade Students Of SMPN 11 Tarakan 2019/2020 Academic Year

Pengarang : Etrisa Ardella - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kosakata adalah hal yang paling penting dalam pembelajaran Bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan signifikan terhadap pencapaian kosa kata siswa sebelum dan sesudah menggunakan picture series pada kelas tujuh di SMPN 11 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan model pre eksperimen dengan pretest dan posttest disain. Total populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh SMPN 11 Tarakan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa. Sample di pilih berdasarkan teknik purposive sampling. Terdapat satu kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-1 untuk kelas perlakuan. Kelas tersebut berjumlah 32 siswa. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah pretest, perlakuan, and posttest. Pada pretest, siswa diminta untuk menjawab test kosakata. Setelah memberikan pretest, peneliti memberikan perlakuan. Kelas perlakuan diajarkan menggunakan picture series. Setelah memberikan perlakuan. Siswa di minta untuk menjawab test kosakata pada posttest. Dalam menganalisis data peniliti menggunakan paired sample t-test SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest. Hasil tersebut dilihat pada nilai rata-rata pretest 59.47 dan 76.41 pada posttest. Ini menunjukan bahwa nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Hasil dari paired sampel (2 tailed) lebih rendah dari 0.05 yaitu 0.000, ini menunjukan bahwa picture series memberikan kontribusi terhadap pencapaian kosakata siswa. Dari kedua hasil dapat dilihat perbedaan yang significant antara pretest dan posttest setelah peneliti memberikan perlakuan.dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa mengunakan picture series efektif dalam mengajar kosakata.

Vocabulary is an important component in language learning. This study aimed to find out if the was a significant difference in vocabulary achievement die seventh grade students at SMPN 11 Tarakan before and after taught using picture series. This research used a pre-experimental model with pretest and posttest design. The population in this study were all seventh grade students of SMPN 11 Tarakan. A total of 32 students of class VII-1 was taken the research samples using a purposive sampling technique. At the pretest, students were asked to answer vocabulary tests. After pretest, the researcher gave treatment by using picture series. After treatment, students were given a posttest by answering a vocabulary test. In analyzing the data, a paired sample t-test was used widi die help of SPSS 22.0. The results showed diat there was a difference in the mean score between the pretest (59.47) and the posttest (76.41) where posttest mean score was greater than the pretest. The result of paired sample t-test (0.000) was lesser than 0.05 which indicated that picture series contributed to the achievement of students' vocabulary. It was concluded that using picture series was effective in teaching vocabulary to the seventh grade students of SMPN 11 Tarakan.

Detail Informasi