Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Ega Mars Diyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dalam kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini di laksanakan pada bulan juli 2019 di SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan sejumlah 115 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan VII-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 46 siswa. Data analisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan sofware SPSS versi 16.0 for windows.Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 2,120 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 44 diperoleh nilai ttabel 1,680 berarti thitung > ttabel (2,120 > 1,680) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotision) berpengaruh terhadap pembelajaran kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan.

This study aimed to determine the effect of the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) model on reading comprehension skill of the seventh grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. This research was carried out in July 2019 at SMP Negeri 10 Tarakan. This was a quasi-experimental research with Pretest Posttest control group design. The population in this study were all 115 seventh grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. Taken by using simple random sampling teachnique, the research sample consisted of class VII-1 as a control group and class VII-2 as an experimental group with a total of 46 students. Data were analysed using statistical tests of independent sample t-test with the help of SPSS software version 16.0 for windows. The results of the independent sample t-test test showed that at a significant level of 0.05, the value of calculated t was 2.120, the df was 44, and the value of critical t was 1.680. This results meant that H0 was rejected and Ha was accepted. So it was concluded that the use of the CIRC model affected the reading comprehension skills of the seventh grade students of SMP Negeri 10 Tarakan.

Detail Informasi