Hubungan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Hubungan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Isma Priandani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan keeratan antara Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dan pelaksanaan Program GLS di SMP Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 345 peserta didik. Sampel diambil berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah perwakilan peserta didik dari kelas VIII-1 sampai VIII-11. Keseluruhan sampel berjumlah 86 peserta didik. Instrumen penelitian berupa angket. Sebelum angket didistribusikan, peneliti telah melakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Kendall’s Tau-B dengan menggunakan SPSS versi 25.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, 69 dari 86 peserta didik menunjukkan sikap mendukung pada Program GLS dan Literasi Baca-Tulis di sekolah dan berdasarkan hasil uji korelasi Kendall’s Tau-B pada taraf signifikan 5% (N = 86) diperoleh p-value kurang dari 0.05 (0.000 < 0.05) artinya ada hubungan antara Program GLS dengan Literasi BacaTulis. Kemudian, hasil Zhitung lebih besar dari Ztabel (4.972 > 1.65). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan keeratan yang kuat antara Program GLS dan Literasi Baca-Tulis peserta didik di sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan yang signifikan dan keeratan yang kuat antara Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan”.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi