Hubungan Antara Minat Baca Siswa dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Minat Baca Siswa dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Hubungan Antara Minat Baca Siswa dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Sinta Uli Marbun - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara minat baca siswa dengan hasil belajar siwa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 juni sampai 26 juli 2019 di SMP Negeri 7 Tarakan. 31 siswa dari kelas VIII di SMP Negeri 7 Tarakan diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan metode Korelasi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan angket dari minat baca dan dokumen analisis nilai rapot hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Untuk menemukan hubungan korelasi antara minat baca siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa, peneliti menggunakan bantuan software SPSS versi 24.0 for windows dalam menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis data korelasi Pearson Product Moment, diperoleh rhitung (0,408) pada taraf signifikan ? = 5% dan N = 31 diperoleh nilai rtabel = 0,355 berarti rhitung > rtabel (0,408 > 0,355) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada hubungan positif dan signifikan antara minat baca siswa dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan”. Analisis Pearson Product Moment menyatakan bahwa ada hubungan yang singnifikan antara minat baca siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dan tingkat dari korelasi koesfisien adalah hubungan yang cukup.

The purpose of this study was to determine whether there was a significant correlation between interest in reading and learning achievement of the eight grade students at SMP Negeri 7 Tarakan. This research was conducted from 29 June to 26 July 2019 at SMP Negeri 7 Tarakan. A total of 31 students from class VIII of the school was taken as samples using a purposive sampling technique. Data was collected using a questionnaire of interest in reading and students’ scores of the Indonesian language. To find the correlation data were analyzed with the help of SPSS software version 24.0 for windows. Based on the results obtained from the analysis of Pearson Product Moment correlation, it was known that the calculated rvalue was 0.408, the significant level (?) was 5%, the N was 31, and the critical rvalue was 0.355. This meant that the calculated rvalue was greater than the critical rvalue (0.408 > 0.355). So, the Ho was rejected and the Ha was accepted. The results indicated that there was a significant correlation between the students’ reading interest and their learning achievement of Indonesian and the level of correlation was moderate.

Detail Informasi