Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Lia Fatra Kamila - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Circuit Learning (CL) dalam keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019 di SMPN 6 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian Pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Tarakan sejumlah 161 siswa. Sampel penelitian dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS version 16.0. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis uji statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh ttabel 1,680 berarti thitung ? ttabel (3,196 ? 1,680) artinya Ho di tolak dan Ha di terima. sehingga Penggunaan model pembelajaran circuit learning (CL) Efektif dalam menulis naskah drama pada siswa kelas VIII di SMPN 6 Tarakan.

This study aimed at investigating the effect of Circuit Learning (CL) model in the writing of drama scripts for eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan. Conducted in July 2019, this research used a quasi-experiment with pretest-posttest contol group design. The population in this study were all the 161 eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan. The research sample which was divided into two classes, class VIII-G as the experimental group and class VIII-F as the control group, was taken by using random sampling technique. Data were analyzed with independent sample t-tests with the help of SPSS version 16.0. Results of the analysis showed that the value of calculated t (3.196) was equal or greater than the value of critical t (1,680). The results indicated that Ho was rejected and Ha was accepted which meant that the use of CL Learning model was effective in helping eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan to write drama scripts.

Detail Informasi