
Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Lia Fatra Kamila - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Circuit Learning (CL) dalam keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019 di SMPN 6 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian Pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Tarakan sejumlah 161 siswa. Sampel penelitian dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS version 16.0. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis uji statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh ttabel 1,680 berarti thitung ? ttabel (3,196 ? 1,680) artinya Ho di tolak dan Ha di terima. sehingga Penggunaan model pembelajaran circuit learning (CL) Efektif dalam menulis naskah drama pada siswa kelas VIII di SMPN 6 Tarakan.
This study aimed at investigating the effect of Circuit Learning (CL) model in the writing of drama scripts for eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan. Conducted in July 2019, this research used a quasi-experiment with pretest-posttest contol group design. The population in this study were all the 161 eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan. The research sample which was divided into two classes, class VIII-G as the experimental group and class VIII-F as the control group, was taken by using random sampling technique. Data were analyzed with independent sample t-tests with the help of SPSS version 16.0. Results of the analysis showed that the value of calculated t (3.196) was equal or greater than the value of critical t (1,680). The results indicated that Ho was rejected and Ha was accepted which meant that the use of CL Learning model was effective in helping eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan to write drama scripts.