
Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Herlinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu yang memiliki kelas kontrol, dengan desain penelitian pretest-posstets control group design, populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan dengan jumlah 224 siswa. Pengambilan sample pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sample random sampling yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol pemilihan kelas tersebut dilakukan dengan cara undian, dalam melakukan pengelolaan data penelitian menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil analisis statistik infrensial menggunakan uji independent samples t-test diperoleh thitung 5,983 pada taraf signifikan a=0,05 dan df= 58 diperoleh nilai ttabel 1,671 maka thitung ? ttabel (5,983?1,671) artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples efektif dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan. Model pembelajaran Examples Non Examples sangat efektif dalam proses belajar mengajar hal tersebut dikarenakan model pembelajaran ini melatih cara berpikir siswa untuk dapat menemukan solusi dari materi yang di sajikan oleh peneliti dengan menggunakan gambar sebagai media, berbeda dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Proses belajar mengajar pada kelas eksperimen lebih berpusat pada siswa, di mana siswa didorong lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan guru hanya sebagai fasilitator. Pada kelas kontrol kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar.
This study aimed to determine the effectiveness of the use of Examples Non Examples learning model in writing descriptive text in grade VII students of SMP Negeri 6 Tarakan. This was a quasi-experimental study with a pretest-posttest control group design. The population in this study was all 224 grade VII students of SMP Negeri 6 Tarakan. Two classes were taken as the samples, VII F as the experimental class and VII G as the control class. Samples were taken using random sampling techniques. The class selection was done by lottery. Data were analyzed using SPSS software version 16.0 for windows. From the inferential statistical analysis, using independent samples t-test, it was known that the value of t was 5.983, the significant level was 0.05 and the df was 58. The value of calculated t was greater than or equal to the value of critical t (5.983?1.671) whict meant that the Ho was rejected and the Ha was accepted. This result indicated that the use of Examples Non Examples learning model was effective in writing descriptive text for grade VII students of SMP Negeri 6 Tarakan. The use of Examples Non Examples learning model was more effective in the teaching and learning process because this learning model trained students how to find solutions by using images as media, in contrast to the use of conventional learning methods. In the experimental class, the teaching and learning process was more student-centered, where students were encouraged to be more active and the teacher was only a facilitator. In the control class, teaching and learning activities centered on the teacher so that students were less active.