Penggunaan Wacana Persuasi Dalam Iklan Online Di Forum Jual Beli Kota Tarakan Melalui Media Facebook (Kajian Analisis Wacana) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Wacana Persuasi Dalam Iklan Online Di Forum Jual Beli Kota Tarakan Melalui Media Facebook (Kajian Analisis Wacana)

Penggunaan Wacana Persuasi Dalam Iklan Online Di Forum Jual Beli Kota Tarakan Melalui Media Facebook (Kajian Analisis Wacana)

Pengarang : Aprilia Anggraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasi yang terdapat dalam iklan online di forum jual beli Kota Tarakan melalui media Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari wacana tulis yang terdapat dalam iklan online di forum jual beli Kota Tarakan melalui media Facebook edisi Juli 2019, mulai tanggal 1 sampai 31. Data penelitian adalah wacana persuasi dalam iklan online di forum jual beli Kota Tarakan melalui media Facebook edisi Juli 2019 berdasarkan analisis wacana. Data pada penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, simak dan catat, artinya peneliti membaca teks secara keseluruhan dan memahaminya serta pencatatan dengan cermat dan teliti. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan wacana persuasi sangat erat kaitannya dengan iklan, penggunaan wacana persuasi pada iklan dapat menarik konsumen/pelanggan untuk menggunakan/membeli barang yang ditawarkan. Kemampuan menggunakan wacana persuasi akan menguntungkan bagi para pelaku bisnis khususnya bisnis di forum-forum jual beli online. Jumlah keseluruhan data yang terkumpul pada penelitian ini yaitu sebanyak 99 data yang diperoleh selama 1 bulan penelitian pada bulan Juli 2019. Data penelitian tersebut terdiri atas wacana persuasi pada iklan jasa sebanyak 7 data, wacana persuasi pada iklan barang sebanyak 51 data, wacana persuasi pada iklan makanan sebanyak 23 data, wacana persuasi pada iklan kosmetik sebanyak 10 data dan wacana persuasi pada iklan properti sebanyak 8 data.

This study aims to describe the persuasion discourse contained in online advertisements in the Tarakan City buying and selling forum through Facebook media. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The source of data in this study was obtained from written discourse contained in online advertisements in the Tarakan City buying and selling forum through the July 2019 edition of Facebook, from 1 to 31. The research data is persuasion discourse in online advertisements in Tarakan City buying and selling forums through Facebook media. July 2019 edition based on discourse analysis. The data in this study were obtained by reading, listening and note-taking techniques, meaning that the researcher reads the text as a whole and understands it and takes notes carefully and thoroughly. Based on the results of the study, it was concluded that the use of persuasion discourse is closely related to advertising, the use of persuasion discourse in advertising can attract consumers/customers to use/buy the goods offered. The ability to use persuasive discourse will be beneficial for business people, especially businesses in online buying and selling forums. The total amount of data collected in this study was 99 data obtained during 1 month of research in July 2019. The research data consisted of persuasive discourse on service advertisements as much as 7 data, persuasion discourse on goods advertisements as much as 51 data, persuasion discourse on advertisements 23 data on food, 10 data on persuasion on cosmetic advertisements and 8 data on persuasion on property ads.

Detail Informasi