
Keefektifan Model Reciprocal Learning Dalam Membaca Cerita Fabel Dengan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Rusmiati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu yang memiliki kelas kontrol pada penelitiannya. Penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model reciprocal learning dan media putar dengan menggunakan desain penelitian pretest-post test control grup design. Populasi dalam penelitan adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Tarakan dengan jumlah 140 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 28 siswa setiap kelasnya. Data di analisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh t hitung 2,810 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 46 diperoleh nilai t tabel 1,679 berarti t hitung ? t tabel (2,810 ? 1,679) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga penggunaan model reciprocal Learning dengan media roda putar efektif terhadap pembelajaran membaca cerita fabel pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Tarakan. Penggunaan model reciprocal learning dengan media roda putar membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran berbeda dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen berpusat pada siswa, siswa yang lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
This type of research used in this study is quasi-experimental research that has a control class in the study. Experimental research is used to determine the effectiveness of the use of reciplocar learning models and play media by using a pretest-posttest control group design research design. The population in this research is all students of class VII at SMP Negeri 10 Tarakan with a total of 140 students. Sampling in the study was conducted using simple random sampling technique which was divided into two classes, namely class VII-4 as an experimental class and class VII-3 as a control class with 28 students each in each class. Data were analyzed using statistical tests of independent sample ttests with the help of SPSS software version 22 for windows. Based on the data obtained from the results of inferential statistical analysis using the independent sample t-test obtained tcount 2,810 at a significant level a = 0.05 and df = 46 obtained ttable value 1.679 means tcount ? ttable (2,810 ? 1.679) means that Ho is rejected and Ha is accepted . So that the use of the Reciplocar Learning model with the spinning wheel media is effective in learning to read fable stories in class VII students of SMP Negeri 10 Tarakan. The use of reciplocar learning models with the wheel media makes students more enthusiastic and more active in the learning process in contrast to students who learn to use conventional methods. The learning process in the experimental class is student-centered, students are more active and the teacher is only a facilitator. Whereas in the control class learning centered on the teacher so that students are less active in the learning process.