Deskripsi Kemampuan Numerik Siswa Kelas V Di SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Numerik Siswa Kelas V Di SDN 035 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Numerik Siswa Kelas V Di SDN 035 Tarakan

Pengarang : Kesif Yosep - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik siswa di SDN 035 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 035 Tarakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan numerik siswa kelas V di SDN 035 Tarakan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mencakup data primer dan data sekunder dengan informan yaitu siswa kelas V-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan numerik matematika, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan numerik siswa, 1) Siswa kemampuan tinggi yaitu: a) Siswa mampu melakukan operasi hitung angka/bilangan, namun saat melakukan penjumlahan pada bilangan positif dan negatif siswa kebingungan. b) Siswa mampu melakukan operasi aljabar. c) Siswa mampu menghubungkan konsep sesuai dengan situasi yang sebenarnya, namun terjadi kesulitan dalam menentukan nilai akhir dari bilangan berkoma. d) Siswa mampu memahami, memecahkan dan menyelesaikan masalah. 2) Siswa kemampuan sedang yaitu: a) Siswa kemampuan sedang mampu melakukan operasi hitung angka/bilangan, namun terjadi kesulitan saat menjumlahkan bilangan positif dan negatif karena tidak memahami konsep dan tidak teliti saat melakukan perkalian. b) Siswa mampu melakukan operasi hitung aljabar. c) Siswa mampu memahami, memecahkan dan menyelesaikan masalah. d) Siswa tidak mampu menghubungkan konsep sesuai dengan situasi yang sebenarnya karena tidak memahami konsep. 3) Siswa kemampuan rendah yaitu: a) Siswa tidak mampu melakukan operasi hitung angka/bilangan. b) Siswa tidak mampu melakukan operasi hitung aljabar. c) Siswa tidak mampu menghubungkan konsep sesuai dengan situasi yang sebenarnya. d) Siswa tidak mampu memahami, memecahkan dan menyelesaikan masalah.

Kata Kunci: Kemampuan, Numerik, Matematika, Siswa

This research was conducted to describe the numerical ability of students at SDN 035 Tarakan. This type of research uses qualitative research conducted at SDN 035 Tarakan in the Even Semester of the 2020/2021 Academic Year. This research is focused on the numerical ability of fifth grade students at SDN 035 Tarakan. Sources of data in this study include primary data and secondary data with the informants are students of class V-A. Data collection techniques used in the form of mathematical numerical ability tests, observations, interviews and documentation. The results of this study indicate students' numerical abilities, 1) High ability students, namely: a) Students are able to perform arithmetic operations on numbers/numbers, but when doing additions on positive and negative numbers students are confused. b) Students are able to perform algebraic operations. c) Students are able to relate concepts according to the actual situation, but there are difficulties in determining the final value of comma numbers. d) Students are able to understand, solve and solve problems. 2) Medium ability students, namely: a) Medium ability students are able to perform arithmetic operations on numbers/numbers, but there are difficulties when adding positive and negative numbers because they do not understand the concept and are not careful when doing multiplication. b) Students are able to perform algebraic arithmetic operations. c) Students are able to understand, solve and solve problems. d) Students are not able to connect the concept according to the actual situation because they do not understand the concept. 3) Students with low abilities are: a) Students are not able to perform arithmetic operations on numbers. b) Students are not able to perform algebraic arithmetic operations. c) Students are not able to connect the concept according to the actual situation. d) Students are not able to understand, solve and solve problems. Keywords: Ability, Numerical, Mathematics, Students

Detail Informasi