Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan

Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Irmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di SMP Negeri 8 Tarakan pada kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah 134 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan tes Kemampuan Komunikasi Matematis serta dokumen prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan dengan persamaan regresi ? = 26,760+ 0,714 X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa Kemampuan Komunikasi Matematis memberikan pengaruh sebesar 56,3% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Prestasi Belajar Matematika

The present study was a quantitative research with a survey method conducted in class IX of SMP Negeri 8 Tarakan. The objective of this study was to determine the effect of mathematical communication ability towards mathematical learning achievement of class IX student of SMP Negeri 8 Tarakan. This study was conducted in the even semester of the 2020/2021 academic year. There were 134 students who were taken using simple random sampling technique. The data were collected by distributing quetionnaire, mathematical communication ability test, and document of mathematical learning achievement. The data abtained were processed by using statistical data processing program, namely, SPSS version 23.0. The result of this study indicated that there was a partially significant effect of mathematical communication ability towards mathematical learning achievement of class IX students of SMP Negeri 8 Tarakan with the regression equation = 26.760 + 0.714 X. Based on the calculation of the coefficient determination, it was found that mathematical communication ability had an effect of 56.3% towards the mathematical learning achievement of class IX student of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Mathematical Communication Ability, Mathematical Learning Achievement

Detail Informasi