
Metakognisi Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan dalam Memecahkan Masalah Program Linear
Pengarang : Fitriayu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana metakognisi siswa kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan dalam memecahkan masalah program linear. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, mulai tanggal 21 Agustus 2020 ? 20 November 2020 di SMA Hang Tuah Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak empat orang yang dipilih menggunakan purposive sampling, adapun empat orang tersebut diantaranya dua siswa yang memiliki metakognisi bagus dan dua siswa lainnya yang memiliki metakognisi yang kurang bagus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi yang ditulis dalam catatan lapangan kemudian dianalisis mengguunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Level metakognisi siswa dengan kemampuan matematika tinggi ada pada level 4, dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa dengan penggunaan pemikiran yang bersifat reflektif. Siswa pada level 4 ini melakukan semua aktivitas metakognisi dengan baik, diantaranya adalah perencanaan, pemantauan, evaluasi. 2) Level metakognisi siswa dengan kemampuan sedang ada pada level 3, dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa dengan penggunaan pemikiran yang bersifat strategis. Aktivitas yang dipenuhi siswa pada level 3 ini adalah perencaan, pemantauan, dan evaluasi. Namun siswa tidak melakukan pengecekan kembali untuk jawaban yang kurang tepat. 3) Level metakognisi siswa dengan kemampuan rendah ada pada level 2. dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa menggunakan pemikiran dengan kesadaran. Aktivitas metakognisi yang dipenuhi adalah perencaan dan pemantauan, siswa tidak melakukan aktivitas evaluasi.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika dan Metakognisi
The objective of this study was to describe students’ metacognition of class XI SMA Hang Tuah Tarakan in solving linear programming problems. This research was conducted for three months from August to November, 2020. researcher used a case study with a qualitative approach. The research subjects were four students of classes XI that selected using purposive sampling. It consisted of two students who have good metacognition and two other students who have poor metacognition. Data was collected by observing, interviewing, and analyzing documentation written in field notes and then analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicated that ; 1) The metacognitive level of students with high mathematical abilities was level four, it can be revealed that these students were students with the use of reflective thinking. Students at level four perform all metacognitive activities well, including planning, monitoring, evaluating. 2) The metacognition level of students with moderate abilities is at level three, it can be revealed that these students used of strategic thinking. Activities fulfilled by students at level three were planning, monitoring, and evaluation but students did not recheck for incorrect answer. 3) The low metacognition was at level two. It can be revealed that rhese students employ thinking with awareness., and metacognition activities that were fulfilled by them were planning and monitoring but they did not carry out evaluation activities. Keywords: Metacognition, Solving problem, Linear Program