
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berfikir Analisis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nunukan
Pengarang : Nur Azisah Azis - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berfikir analisis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nunukan. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental dengan desain One Shot Case Study. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Nunukan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model POE didalam kelas dengan memberikan tes kemampuan berfikir analisis dalam bentuk soal pilihan ganda dan essay di pertemuan terakhir. Hasil yang diperoleh dari uji One Sample T-Test, t hitung 3.255 > t table 2.039 maka Ha diterima bahwa rata-rata nilai kemampuan berfikir analisis siswa lebih tinggi dari 75. Presentase pencapaian setiap indikator kemampuan berfikir analisis yang terdiri dari memeriksa ide-ide (97%), mengidentifikasi argumen (96%), menganalisis argumen ide-ide (64%), rata-rata pencapaian indikator kemampuan berfikir analisis yaitu (86%) dengan kategori sangat baik. Dengan demikian adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berfikir analisis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nunukan.
This study aims to determine the effect of the Predict Observe Explain (POE) learning model on the analytical thinking ability of eighth-graders of SMP Negeri 1 Nunukan. The research method uses Pre-Experimental with One-Shot Case Study design. The research sample is class VIII B students of SMP Negeri 1 Nunukan with the determination of the sample using the purposive sampling technique. The research was conducted by applying the POE model in the classroom by testing analytical thinking skills in multiple-choice questions and essays at the last meeting. The results obtained from the One-Sample T-Test test, t count 3.255 > t table 2.039 then Ha is accepted that the average value of student's analytical thinking skills is higher than 75. The percentage of achievement of each indicator of analytical thinking ability consists of examining ideas (97%), identifying arguments (96%), analyzing arguments for ideas (64%), the average achievement of indicators of analytical thinking ability (86%) in the excellent category. Thus, the Predict Observe Explain learning model affects the analytical thinking ability of class VIII students of SMP Negeri I Nunukan.