
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMAN 2 Tarakan
Pengarang : Alhakim - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh pembelajaran pembelajaran kooperatif model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012, dan sampel yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi,metode tes,angket,dan lembar inventori. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan. Peningkatan nilai kognitif pada kelas eksperimen sebesar 84,67 - 67,07 = 17,6 dan pada kelas kontrol sebesar 78,63 - 65,83 = 12,8. Dengan demikian, selisih peningkatan nilai kemampuan kognitif kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 17,6 – 12,8 = 4,8. Hal ini dapat dilihat pula dari nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2,186 > t tabel sebesar 2,000. Pada keterampilan metakognitif tidak terdapat penggaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model peta pikiran (Mind Mapping) keterampilan metakognitif siswa SMA Negeri 2 Tarakan. Hal ini dapat dilahat dari hasil perhitunga uji independent sample t-test diperoleh thitung = 1.269. pada taraf signifikansi = ½ ? dan dk =58, diperoleh nilai ttabel = 2,000 berarti t hitung < t tabel (1.269 < 2,000)
The purpose of this study was to determine how much influence the learning of cooperative learning model Learning Outcomes Of Mind Mapping Biology and Metacognitive Skills Class X student SMAN 2 Tarakan Kind of research is quasi-experimental (quasi experiment). The population in this study were students of class X SMA Negeri 2 Tarakan learning in 2011/2012, and a sample of the class X-2 as a control class and class X-2 as a class experiment. Sampling was conducted with a purposive cluster sampling. Data retrieval techniques using the documentation, test method, questionnaires, and inventory sheets. The data obtained were then analyzed using the t test with the help of software SPSS 16.0 for Windows. Based on the results of data analysis it can be concluded that there Cooperative Learning Model Effects Of Mind Mapping Learning Outcomes Biology and Metacognitive Skills Class X student SMAN 2 Tarakan. Increasing the value of cognitive experimental class at 84.67 to 67.07 = 17.6 and the control class at 78.63 to 65.83 = 12.8. Thus, the difference in value enhancement of cognitive abilities experimental class with a control class is 17.6 to 12.8 = 4.8. It can be seen also from the t value obtained for 2.186> t table is 2.000.