Analisis Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011)

Analisis Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011)

Pengarang : Alpin Ramadani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

RSUD Tarakan Merupakan salah satu instansi pemerintah daerah yang bergerak di bidang sektor publik dalam hal jasa kesehatan. Kegiatan usaha rumah sakit umum daerah bersifat sosial dan ekonomi yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja perusahaan dalam perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan, dengan metode balanced scorecard pada RSUD Tarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kinerja RSUD Tarakan pada perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan dengan metode balanced scorecard. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap dan karyawan RSUD Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan dua cara yaitu proportionate stratified random sampling dan cluster sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh 100 responden pasien, dan 100 responden karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada tahun 2011 secara rata-rata kinerja pada perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal secara keseluruhan sudah cukup baik. Sedangkan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai masih kurang baik karena menurunnya produktivitas karyawan serta masih banyak karyawan yang merasa kurang puas terhadap manajemen yang ada dirumah sakit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan kinerja RSUD Tarakan pada tahun 2011 sudah tergolong cukup baik walaupun dalam beberapa hal masih perlu adanya pembenahan didalam manajemen rumah sakit untuk lebih meningkatkan lagi pelayanannya. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya RSUD Tarakan memperbanyak pelatihan dan pengembangan karyawan agar kepuasan karyawan dan kualitas pelayanan kepada pasien meningkat, sehingga pendapatan pelayanan kesehatan juga meningkat.

Tarakan Hospital is one local government agencies engaged in the public sector in terms of health services. The business activities of public hospitals are social and economic priority of the best health services for the community. The problem in this study is how the performance of companies in the financial perspective, customer, internal business processes, learning and growth, the balanced scorecard method in Tarakan Hospital. The purpose of this study is to analyze and describe the level of performance at Tarakan Hospital financial perspective, customer, internal business processes, learning and growth with balanced scorecard method. The population in this study were hospitalized patients and hospital employees Tarakan. Sampling was done in two ways, namely proportionate stratified random sampling and cluster sampling. The sample size was determined using the formula Slovin and gained 100 patient respondents, and 100 respondents employees. Data collection methods used were interviews and questionnaires. The analysis method used is quantitative descriptive analysis. The result showed that in 2011 the average performance of the financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and overall was pretty good. While the learning and growth perspective still unwell because of the declining productivity of employees and many employees feel less satisfied with the management of the existing hospital. The conclusion of this research that the overall performance of the Tarakan Hospital in 2011 was quite good although in some ways still the need for improvement in the management of the hospital to further enhance its services. Advice can be given in this study is better reproduce Tarakan Hospital employee training and development so that both employee satisfaction and improved quality of care to patients, so that health services revenue also increased.

Detail Informasi