
Analisis Dampak Lalu-Lintas Akibat Pembangunan Gedung Fkip & Gedung Fikes di Lingkungan Kampus Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Hengky Ternando - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu kawasan di Kota Tarakan yang telah siap melakukan pembangunan gedung adalah Universitas Borneo Tarakan. Pembangunan yang saat ini akan dilakukan adalah pembangunan gedung Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES). Pembangunan ini diperkirakan akan berpengaruh terhadap volume dan sistem pergerakan Lalu-lintas di beberapa jaringan jalan dalam kampus dan jaringan jalan sekitar kampus Universitas Borneo Tarakan. Oleh sebab itu penelitian mengenai Analisa dampak lalu-lintas dilakukan akibat pembangunan gedung tersebut berdasarkan ukuran minimal wajib andalalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalulintas terhadap ruas dan simpang jalan di kawasan kampus Universitas Borneo Tarakan. Hasil analisis yang didapat dari survei dilapangan kinerja lalu-lintas ruas jalan Universitas Borneo Tarakan karakteristik tingkat pelayanan ruas jalannya berdasarkan Level of Service (LoS) berada pada level (B). Kinerja lalu-lintas ruas jalan Taman Anggrek berdasarkan Level of Service (LoS) berada pada level (B). Untuk tingkat pelayanan simpang Universitas Borneo Tarakan Kinerja lalulintasnya berdasarkan Level of Service (LoS) berada pada level (B). Kinerja lalulintas simpang jalan Amal Baru berdasarkan Level of Service (LoS) berada pada level (B). Maka hasil analisis kinerja ruas jalan ruas dan simpang di lingkungan Universitas Borneo Tarakan, lalu-lintasnya masih dalam kondisi yang baik.
One of the areas in Tarakan City that is ready to build building is the University of Borneo Tarakan. The current development activity is the costruction of the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) and the Faculty of Health (FIKES) buildings. This development is expected to affect the volume and traffic movement system in several road networks within the campus anda the road network around the campus. Therefore, research on the impact of the construction activities on the traffic need to be carried out based on the minimum size the traffic impact analysis. This study aimed to determine the traffic performance of sections and intersections in the campus area of the University of Borneo Tarakan. The results of the analysis obtained from the field survey showed that the characteristics of the service level of the road segment based on the Level of Service (LoS) were at Level B. The traffic performance of the Taman Anggrek road segment based on the Level of Service (LoS) was at Level B. For the University of Borneo Tarakan intersection, the traffic performance of the Amal Baru intersection based on the Level of Service (LoS) was at Level B. So, the performance of the roads and intersection at the University of Borneo Tarakan for the traffic was still in good condition.