
Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Pisang (Musa pradisica L.) Di UKM Cita Rasa Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara
Pengarang : Yunah Khomara - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Pisang Raja Siam sangat berlimpah di Desa Karang Agung namun kurang di minati oleh pasar serta sedikit masyarakat yang berminat untuk mengolah menjadi produk yang bernilai tinggi, Melalui Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) pengolahan Pisang Raja Siam ini menjadi produk baru dapat memberikan nilai tambah yang bernilai ekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pengolahan sale pisang dan kripik sale; 2) Menganalisis besar nilai tambah dari usaha pengolahan pisang menjadi sale pisang; 3)menganalisis besar nilai tambah dari usaha pengolahan pisang menjadi kripik sale; Penelitian ini di lakukan di UKM Cita Rasa Desa Karang Agung Tanjung Palas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif Kualitatif. Teknik analisis data menggunakan Analisis Nilai Tambah Hayami. Hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: Proses pengolahan pisang menjadi sale dan kripik sale menggunakan bahan baku utama pisang dan bahan penolong yang selalu tersedia di daerah penelitian dan pengolahan membutuhkan waktu 2 hari dalam satu kali produksi. Nilai tambah yang di peroleh oleh UKM Cita Rasa dalam memproduksi pisang menjadi sale pisang adalah sebesar Rp.19,575,- dengan Rasio Nilai tambah tergolong tinggi (78,3% > 40%). Nilai tambah yang diperoleh UKM Cita Rasa dalam memproduksi kripik sale adalah sebesar Rp. 20.700,- dengan rasio nilai Tambah tinggi yaitu (82,8% > 40%).
Kata Kunci: Nilai Tambah, Pisang Sale, Kripik Sale
Raja Siam bananas are very abundant in Karang Agung Village but are not in demand by the market and few people are interested in processing them into high- value products. Through Small and Medium Enterprises (SMEs) the processing of the Bananas into new products can provide valuable economic value. The aims of this research were: 1) to describe the processing of Sale banana and banana chips, 2) to analyze the added value of processing banana into Sale banana, and 3) to analyze the added value of processing bananas into Sale chips. This research was conducted at the UKM Cita Rasa in Karang Agung Village, Tanjung Palas Utara. This was a qualitative descriptive research. The data were analyzed using Hayami Added Value Analysis. The results of the study showed that the process of the bananas into Sale banana and sale chips used the main raw material of the bananas and auxiliary materials which were always available in the research area and the processing took 2 days in one production. The added value obtained by the UKM Cita Rasa in producing the Sale bananas was Rp. 19,575, - with a high added value ratio (78.3% > 40%). The added value obtained by UKM Cita Rasa in producing the Sale chips was Rp. 20.700,- with a high added value ratio (82.8% > 40%). Keywords: Added Value, Sale Banana, Sale Chips