Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Di Pasar Dayak Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Di Pasar Dayak Kota Tarakan

Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Di Pasar Dayak Kota Tarakan

Pengarang : Mustika Oktavia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen buah lokal dan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian buah lokal di Pasar Dayak Kota Tarakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan accidental sampling sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakteristik konsumen terdiri dari jenis kelamin perempuan, usia 35 – 54 tahun, perkrejaan dominan ibu rumah tangga 39 responden dan dominan pendidikan di tingkat SMA sebanyak 21 responden. 2) Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian diperoleh persamaan Y = 2,243 + 0,081 (X1) + 0,173 (X2) + 0,461 (X3) + 0,571 (X4) + e. dengan hasil bahwa faktor budaya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian buah lokal dibuktikan dari nilai signifikasi sebesar 0,269, faktor sosial tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,181, faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian buah lokal di buktikan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan faktor psikologis berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Kata Kunci: Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian, Buah Lokal

This study aimed to determine the characteristics of lokal fruit consumers and to determine the effects of cultural, social, personal and psychological factors on local fruit purchasing decisions at the Dayak Market , Tarakan City. This research used quantitative descriptive methods. A total of 100 respondents were taken as the research samples using accidental sampling technique. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The resulst of this study showed that the characteristics of consumers consisted of female gender, age of 35-54 years, 39 respondents were housewives, and 21 respondents had high school education. The influence of cultural, social, personal and psychological factors on purchasing decisions was obtained by the equation Y = 2.243 + 0.081 + 0.173 + 0.461 + 0.571 + e. The results indicated that cultural factors had no effect on local fruit purchasing decisions as evidenced by a significance value of 0.269, social factors had no effect with a significance value of 0.181, personal factors affected local fruit purchasing decisions with a significance value of 0.000, and psychological factors had an effect with a significance value off 0.000. Keywords: Cultural, Social, Personal, Psychological, Purchase Decision, Local Fruit

Detail Informasi