
Improving The Students’ Achievement On Writing A Recount Text Through Cartoon Film At Class VIII-1 Of SMPN 9 Tarakan
Pengarang : Nurlina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas.Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 SMPN 9 Tarakan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 30 siswa sebagai sampelnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan lembar pengamatan untuk mengambil data dari aktivitas guru dan siswa dikelas dan tes menulis dengan menggunakan rubrik penilaian menulis yang telah disiapkan oleh peneliti untuk mengetahui peningkatan menulis siswa. Di dalam penelitian ini, guru yang mengajar siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 9 Tarakan bertindak sebagai guru. Beliau mengajarkan “Writing” yang berhubungan dengan teks recount dengan menggunakan film kartun. Sementara peneliti bertindak sebagai pengamat. Dia mengamati seluruh kegiatan guru dan siswa-siswi di dalam kelas. Penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik dan pilem kartun mempengaruhi antusias, aktivitas, dan kepercayaan diri siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes menulis siswa pada siklus pertama ada 16 atau 53% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 23 atau 77% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jadi bisa disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks recount melalui pilem kartun meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pilem kartun efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan pilem kartun sebagai media dalam proses pembelajaran. Penggunaan pilem kartun khususnya pembelajaran menulis teks recount berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Untuk peneliti selanjutnya disarankan juga agar dapat menggunkan media ini untuk meningkatkan kemapuan menulis siswa khususnya menulis teks recount.
The research method which used in this research was class action research. The subject of the research was the students of class VIII-1 of SMPN 9 Tarakan on academic year 2012/2013 consisting of 30 students as the sample. The action research was conducted from May to June 2013. The research was conducted in two cycles, starting from planning, implementation, observation and reflection. The researcher used observation sheets, to take information of the teacher and students’ activities in the classroom and writing test with using writing rubric was designed by ressearcher based on the instructional material to know the students writing improvement. In this research, the teacher who taught the class VIII-1 of SMPN 9 Tarakan acted as a teacher. She taught “writing” that connects to recount text by using film cartoon. Meanwhile, the researcher acted as an observer. She observed whole of teacher and students’ activities during teaching learning process. The findings of this research showed that result of observation for teacher activity has good category and cartoon film was proven to have stimulated the students’ enthusiasm, activities and confident during teaching and learning process. Based on the result of writing test in the first cycle was found that 16 or 53% students reached the criteria of success, then improved in the second cycle to 23 or 77% students reached the criteria of success. So, it can be concluded that the students’achievement on writing recount text through cartoon film can improve. Based on the finding, it can be summed up that cartoon film is affective to improve students’ Writing Skill and the students’ involvement in teaching and learning process. It is suggested to the English teachers to use cartoon film as a media in teaching process. Furthermore, the use of cartoon film especially in the teaching writing recount text is very useful to the students to increase their writing skill. It also suggested for the further researchers to apply this media to research writing skill especially in writing recount text.