
Improving Students’ Achievement On Writing Skill In Composing Descriptive Text Through Mind Mapping At Tenth Grade Students’ Of SMA Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Aswandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar dalam hal menulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping pada materi menulis desriptive di kelas X SMA Hang Tuah Tarakan 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X sebanyak 32 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Mind Mapping. Instrument yang digunakan adalah test hasil menulis deskriptive dan juga lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan. Disimpulkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar menulis bahasa Inggris.
The problem in this study is the lack of activity and learning outcomes in terms of writing . This study aims to improve the activity and writing student learning outcomes by applying a learning model Mind Mapping in writing desriptive the material in tenth grade at SMA Hang Tuah Tarakan 2013/2014. This type of research is a classroom action research, which has been conducted in two cycles . Subjects in this study were class X as many as 32 people. The research object is learning model Mind Mapping. Instrument used is the test results and also write deskriptive observation sheet for observation of student learning activities and teacher activities. The results showed that the method occurs mind mapping fun atmosphere that increases student learning outcomes , the results of the first cycle to the second cycle there is an increase. Mind Mapping is concluded that the method can improve learning outcomes writing English.