
Improving The Students’ Achievement On Writing Procedure Text Through Picture Series At Class VII-C Of MTs. Negeri Tarakan
Pengarang : Nur Halifah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis procedure text melalui gambar seris kelas VII-C MTs Negeri Tarakan tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII- C Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 37 siswa sebagai sampelnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2013. Penelitian ini berlangsung dari Mei sampai Juni 2013. Pada Penelitian ini ada dua siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peneliti mengunakan lembar pengamatan untuk mengambil data dari aktivitas guru dan siswa dikelas dan tes menulis dengan mengunakan rubrik penilaian menulis yang telah disiapkan oleh peneliti untuk mengetahui peningkatan menulis siswa. Didalam penelitian ini, guru bahasa inggris dari kelas VII-C di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan bertindak sebagai pengamat. Beliau mengamati seluruh kegiatan pengajar dan aktivitas siswa-siswi di dalam kelas. Sementara peneliti bertindak sebagai guru yang mengajarkan “Writing” yang berhubungan dengan procedure text dengan mengggunakan gambar seris sebagai media pembelajaran. Penemuan dipenelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik dan gambar seris mempengaruhi antusias, aktivitas, dan kepercayaan diri siswa selama proses pembelajaran.Berdasarkan hasil tes menulis siswa pada siklus pertama ada 12 atau 36% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 28 atau 76% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jadi bisa disimpulkan bahwa kemempuan siswa dalam menulis teks procedure melalui gambar seris meningkat. Berdasarkan hasil penemuan dapat disimpulkan bahwa gambar series efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks procedure dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini menyarankan kepada guru bahasa inggris untuk mengunakan gambar series sebagai media pembelajaran. Pengunaan gambar seris khususnya pembelajaran menulis teks procedure berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa . untuk peneliti selanjutnya disarankan juga agar dapat mengunakan media ini untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya menulis teks procedure.
The objective of this research was to improve students’ achievement on writing procedure text through picture series at class VII-C of MTs Negeri Tarakan in academic year 2012/2013. The research method which used in this research was classroom action research. The subject of the research was the students of the first grade especially class VII-C of Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan on academic year 2012/2013 consisting of 37 students as the sample. The action research was conducted from May to June 2013. The research was conducted in two cycles, starting from planning, implementation, observation, and reflection. The researcher used observation sheets, to take information of the teacher and students’ activities in the classroom and writing test with using writing rubric was designed by researcher based on the instructional material to know the students’ writing improvement. In this research, the teacher as an observer. He observed whole of teacher and students’ activity during teaching learning process. Meanwhile, the researcher acted as a teacher taught writing of procedure text by using picture series as a media of teaching learning process. The findings of this research showed that result of observation for teacher activity has good category and picture series was proven to have stimulated the students’ enthusiasm, activities and confident during teaching and learning process. Based on the result of written test in the first cycle was found that 12 or 36% students reached the criteria of success then in cycle II increased to 28 or 76% students’ reached the criteria of the success. So, it can be concluded that the students’ achievement on writing procedure text through picture series improved. Based on the finding, it can be summed up that picture series is affective to improve students’ Writing Skill and the students’ involvement in teaching and learning process. It is suggested to the English teachers to used picture series as a media in teaching proccess. Furthermore, the use of picture series especially in the teaching writing procedure text is very useful to the students to increase their writing skill. For further researchers, it suggested to the next researcher can also apply this media to research writing skill especially in writing procedure text.